Hancurkan Tembok Penghalang

Batas antara orang sukses dan orang yang tidak sukses hanya setipis kertas. Tidak berarti orang yang tidak sukses itu tidak bertanggung jawab. Banyak juga yang bersemangat, bekerja keras dan bersungguh-sungguh, sama seperti orang yang sudah meraih prestasi besar. Tapi, tetap saja dia gagal sedangkan yang lainnya sukses. Anda mungkin merasa masyarakat itu tidak adil. Tapi, di antara kedua kelompok orang ini terdapat penghalang sebuah tembok yang hanya setipis kertas, tapi sulit ditembus.

Perbedaan terletak pada kegigihan dan ketekunan. Jika orang yang tidak sukses menghadapi tembok bata, mereka mengira, tembok itu tidak bisa ditembus. Ini adalah pikiran yang wajar. Dengan kata lain, mereka juga melakukan suatu usaha, tapi dengan keterbatasan. Jika mereka menghadapi tembok, mereka mencoba mencari alasan yang masuk akal untuk memaafkan diri sendiri dan mundur.

Walaupun suatu tugas tampak mustahil dikerjakan, kita harus berusaha secara gigih dan dengan rajin dan tekun untuk mencapai sukses. Kita harus menghancurkan kebijakan konvensional yang terdapat di dalam pikiran kita. Setiap prasangka yang menyangkut keterbatasan diri sendiri yang susah dihilangkan, akan menghambat kita menuju sukses.

Rasa percaya diri dan kebanggaan yang akhirnya membuat kita bisa menembus rintangan akan menghasilkan kepribadian yang lebih kuat dan lebih gigih. Dan kegigihan ini akan menghantar Anda ke sukses yang lebih besar lagi.

A Passion for Success
Kazuo Inamori


Kebanyakan dari Kita tidak keberatan jika diberitahu kesalahan Kita jika kritikan itu juga digabungkan dengan beberapa kebaikan Kita.

Di saat dikritik, adalah normal jika kita membela diri dan tindakan kita, walaupun secara diam-diam kita mengakui, kritikan itu memang ada benarnya juga. Namun, orang-orang yang meraih sukses besar dalam hidup adalah orang-orang yang sedah belajar mengesampingkan emosi mereka dan belajar dari orang lain, walau pun pesannya tidak menyenangkan. Jika diri Anda dinilai orang lain, katakan pada diri sendiri, bahwa kritikan pada beberapa aspek kinerja Anda buka merupakan serangan pada pribadi Anda dan ambil ide-ide yang bermanfaat kendati mungkin Anda tidak suka dengan cara penyampaiannya.

Keberhasilan tidak memerlukan penjelasan.
Kegagalan yang memerlukan pembenaran dengan alibi-alibi.

Cara paling pasti untuk diterima dalam organisasi mana pun atau di setiap bidang pekerjaan adalah menjadi orang yang berhasil. Sayangnya, hidup tidak berlaku seperti ini. Sekeras apapun Anda berusaha mempelajari sesuatu, serasional apa pun Anda dalam mengambil keputusan, sebaik apa pun persiapan Anda, sesekali, Anda tetap saja membuat kesalahan. Manusia selalu begitu. Karean itu, adalah penting untuk menyadari, bahwa kegagalan sementara bukanlah kegagalan yang bersifat untuk selamanya. Orang-orang sukses menyadari, bahwa kitasemua pasti akan mengalami kegagalan sementara yang menuntut kita untuk mengevaluasi lagi kinerja kita dan mengoreksi tindakan kita agar bisa mencapai sukses. Mereka tahu, kemalangan tak pernah bersifat menetap untuk selamanya.

Terdapat perbedaan yang sangat besar antara kegagalan dan kekalahan sementara.

Tak ada yang namanya gagal kecuali jika dianggap gagal. Setiap kegagalan bersifat sementara kecuali jika Anda menyerah dan membiarkannya menjadi permanen. Pada kenyataannya, kegagalan yang bersifat sementara membuat kita menjadi lebih kuat dan lebih mampu. setiap kali mencoba dan gagal, kita belajar sesuatu yang membantu mempersiapkan kita untuk meraih keberhasilan.

Jawaban tunggal yang benar untuk setiap masalah hanya terdapat di dalam ruang kelas. Jika Anda mencoba satu pendekatan yang ternyata tidak jalan, coba lagi yang lainnya. Jika Anda memandang kemalangan sebagai suatu yang tak lebih dari sebuah pengalaman, besarnya keberhasilan dalam hidup Anda akan jauh melampaui kegagalan Anda.

Keberanian Sejati tampak paling jelas pada saat-saat kemalangan.

Sebagian kemerosotan atau kemunduran begitu hebatnya, yang kalau Anda menyerah berarti Anda kehilangan segalanya. Dalam perang Korea, jenderal Matthew Ridgeway yang memegang komando menemukan pasukannya terpukul jauh ke selatan dan mendapat tekanan keras dari pasukan penyerbu. Hanya karena keputusan yang keras untuk mempertahankan garis depan yang memungkinkan tentara Amerika tidak sampai dihalau ke laut dan akhirnya berhasil merebut kembali semua wilayah yang telah dikuasai musuh.

Saat menghadapi kegagalan, Anda mingkin tak punya waktu untuk menarik diri dan merenungkan kesalahan Anda tanpa disertai resiko mengalami kegagalan lebih lanjut. Jangan menyerah pada kelumpuhan. Di saat seperti itu adalah sangat penting untuk mengetahui apa yang benar-benar Anda inginkan dan melakukan sesuatu untuk mempertahankan pemikiran dan harapan-harapan Anda. Jika sampai hancur luluh, Anda mungkin juga menghancurkan rasa percaya diri yang sulit diperbaiki. Lebih baik tetap berpegang pada prinsip-prinsip Anda. Dan pada akhirnya Anda akan menemukan, ternyata Anda telah melindungi sesuatu yang paling penting yang Anda miliki.

Selalu ada peluang yang tersisa untuk memulai suatu awal baru.

Kendati tampaknya tidak seperti ketika Anda pertama kali menghadapi pukulan hebat, Anda tak pernah akan kehilangan 2 aset yang paling penting yang Anda miliki. Yaitu kekuatan mental Anda dan kebebasan Anda menggunakannya. Sekali Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang bisa dimengerti, tentang penyebab yang membuat Anda gagal, Anda bisa mulai menyusun rencana baru. Anda mungkin sudah tidak punya lagi uang yang dulu Anda miliki. Atau kehilangan rekan-rekan yang dulu menjadi sekutu Anda. Tapi Anda masih memiliki dunia yang menghargai usaha jujur, termasuk mendapat pengalaman dari kesalahan yang tak pernah akan Anda ulangi lagi. Ingat, di mana pun Anda berada, apa pun yang Anda bayangkan dan Anda yakini, pasti bisa Anda capai.(Aura)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???