Tips Tidur yang Sehat (Sleep Hygiene)

Yang harus dilakukan:

  1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.
  2. Berolah raga teratur setiap harinya, terutama pada pagi hari. Terbukti bahwa olah raga yang teratur dapat memperbaiki kualitas tidur.
  3. Di pagi hari, biarkan diri Anda terpapar dengan cahaya terang (segera nyalakan lampu atau bukalah jendela kamar, dan biarkan udara segar mengalir masuk ke dalam kamar.)
  4. Jagalah suhu ruangan yang nyaman di kamar tidur Anda.
  5. Buat kamar tidur Anda cukup tenang saat tidur.
  6. Usahakan kamar tidur Anda cukup gelap untuk memudahkan tidur.
  7. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan berhubungan seks.
  8. Minum obat sesuai petunjuk. Minumlah obat tidur (jika diperlukan) satu jam sebelum tidur, sehingga dapat menyebabkan rasa mengantuk ketika berbaring, atau 10 jam sebelum bangun tidur, untuk mencegah rasa mengantuk pada siang hari.
  9. Buat ritual sebelum tidur sekurangnya 1 jam menjelang tidur, misalkan latihan relaksasi, pijatan, mandi dengan air hangat, melakukan perawatan tubuh atau bermeditasi.

Yang tidak boleh dilakukan:

  1. Olah raga sesaat sebelum tidur (jarak antara olah raga dan tidur sebaiknya 2-4 jam.)
  2. Melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat sesaat sebelum tidur, seperti melakukan permainan kompetitif, atau bercakap-cakap mengenai masalah penting dengan pasangan Anda.
  3. Menonton TV atau bekerja di depan komputer sebelum tidur.
  4. Makan/minum yang mengandung kafein pada malam hari (kopi, teh, coklat, soda, dll.)
  5. Membaca buku atau menonton televisi di atas tempat tidur.
  6. Minum alkohol untuk membantu tidur (dianjurkan minum alkohol 4 jam sebelum tidur.)
  7. Merokok sekurangnya 6 jam sebelum tidur.
  8. Tidur dengan perut lapar atau terlalu kenyang.
  9. Minum obat tidur tidur tanpa sepengetahuan dokter. Ini untuk menghindari efek toleransi (sehingga tubuh memerlukan dosis lebih tinggi.)
  10. Tidur sejenak pada senja/malam hari.

Jika anda berbaring di tempat tidur tetapi tetap terjaga dalam waktu lebih dari 20-30 menit, bangunlah, pergi ke kamar yang lain (atau bagian lain dari kamar tidur), lakukan kegiatan yang membosankan seperti; membaca buku atau menonton televisi yang tidak menggugah, lalu kembali tidur jika kantuk sudah datang. (sleepclinicjakarta.tblog.com)

1 Komentar

  1. […] Ok, tipsnya dulu aja ya?, sesuai judulnya, maka berikut ini adalah tips Tidur yang Sehat yang saya kutip dari Radmarssy: […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???