Virus ‘Pacaran’ Serang Komputer

Senin , 12/02/2007 13:31 WIB
Virus ‘Pacaran’ Serang Komputer
Ni Ketut Susrini – detikInet

Jakarta, Pengguna komputer harus waspada. Jika di layar monitor muncul dialog box yang tak biasa, kemungkinan besar Anda sudah menjadi korban virus lokal yang beredar akhir-akhir ini. Salah satu dialog box yang menjadi ciri khas virus terbaru ini, muncul dengan pesan “met PacaraN yach … :)”.

Di bawahnya terdapat tombol OK, yang jika diklik maka akan memunculkan dialog box lain yang berisi hitungan mundur 60 detik. Setelah itu virus akan mematikan komputer. Aksinya tidak sebatas itu saja, tapi pesan tersebut akan muncul lagi jika user menjalankan komputer di bawah jam 8.00.

Alfons Tanujaya, spesialis antivirus dari PT Vaksincom melansir hal tersebut melalui keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Senin (12/2/2007). Dijelaskan Alfons, virus tersebut bernama VBWorm.MQE. Dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic, dengan ukuran 59 Kilobyte.

Aksi Mengelabui
Aksi lain MQE adalah mengubah file bertipe .exe dan .txt menjadi folder. Aksi ini biasa dilakukan virus lokal lainnya. Namun, MQE menyertakan perbedaan, demi mengelabui korbannya.

Lazimnya, sebuah Folder asli yang tidak terinfeksi virus tidak mempunyai ukuran file. Sedangkan file yang menggunakan ikon Folder dan sudah terinfeksi virus akan mempunyai ukuran tertentu, dengan tipe file “Application” atau “Screen Saver”. Pengguna yang sudah hapal gelagat virus lokal akan menghapus Folder yang mempunyai ukuran, agar tidak mengaktifkan virus.

MQE melakukan hal yang berbeda. Jika menjumpai file berekstensi .exe atau .txt maka ia akan mengubah ikon file tersebut dengan ikon Folder dan mengubah tipe file tersebut menjadi “Application” . Karena “Folder” tersebut mempunyai ukuran, maka akan terlihat seperti file yang sudah terinfeksi virus, sehingga pengguna menyangka file tersebut bervirus dan akan menghapusnya.

“Suatu rekayasa sosial yang pantas mendapat acungan jempol, sederhana tapi sangat merepotkan,” ujar Alfons. “Oleh karena itu sebaiknya jangan sembarangan menghapus ‘Folder’ yang memiliki ukuran. Hapus file yang memakai ikon Folder yang mempunyai ukuran 59 KB saja,” imbuhnya.

Alfons menjelaskan, VBWorm.MQE hanya aktif pada mode “Normal” saja, sehingga pembersihan dapat dilakukan baik pada mode “safe mode” atau “safe mode with command prompt”.

Seperti aksi virus lain pada umumnya, virus ini juga mencoba memblok antivirus dengan menghapus semua file dari program antivirus. Sasarannya semua program antivirus seperti Norman Virus Control, MCAfee, Symantec (Norton), AVG, Trend Micro, F-Prot, AVP, BitDefender, F-Secure, Inoculate-IT, RAV serta ZONE Alarm.

Seperti yang dilakukan Rontokbro, VBWorm.MQE juga akan mencoba memblok akses ke beberapa website antivirus dan website yang sudah ditentukan. Aksi lain yang akan dilakukan oleh VBWorm.MQE adalah kemampuannya untuk mengubah fungsi mouse dari klik kiri menjadi klik kanan atau sebaliknya. (nks/nks)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???