Beralihlah Ke “Body Clock”

Hidup kita berpacu dengan waktu, tetapi ada satu waktu yang jika kita lebih memperhatikan, kita akan lebih sehat. Inilah yang disebut “Body Clock”.

Spesialis chronobiologi, ilmu tentang waktu tubuh, mengatakan bahwa kita dapat mengoptimalkan kesehatan kita, bahkan mencegah dan mengobatinya penyakit jika kita lebih memperhatikan jam kerja internal kita.

Menurut Smolensky seorang ahli chronobiologi dan Lamberg seorang penulis tentang medis mengatakan bahwa jam tubuh dapat menentukan waktu terbaik untuk minum obat. Minum obat yang tepat dalam waktu yang tepat akan meningkatkan kemanjuran obat tersebut terhadap penyakit dan mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

Juga, waktu Anda melakukan diagnosa atau menjalani langkah-langkah pengobatan, ini akan membuat suatu perbedaan. Misalnya, jika Anda mempunyai asma, fungsi paru-paru mungkin dalam keadaan terbaik pada tengah-tengah sore hari, dokter Anda mengira pengobatan berjalan baik. Jika Anda pergi pada pagi hari, beratnya penyakit Anda akan lebih jelas.

Ritme tubuh Anda mendorong untuk makan makanan berenergi di pagi hari dan sangat membutuhkan yang manis-manis pada larut malam. Semua itu menyebabkan sebagain besar berat badan kita jadi naik.

Smolensky dan Lamberg membuat suatu kasus untuk mengurangi berat badan dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori di waktu sarapan pagi dibanding waktu makan malam. Mereka mengutip suatu penelitian di University of Minnesota pada pertengahan tahun 1970-an menemukan bahwa orang yang makan hanya sekali dengan 2000 kalori per hari mengalami penurunan berat badan dalam satu minggu ketika mereka makan pada pagi hari dan bertambah berat badan ketika mereka makan yang sama pada malam hari.

Sedangkan untuk olahraga, menurut chrinobiologist puncak penampilan olahraga terjadi pada sore hari dan pagi hari, ketika temperatur badan mencapai suhu sehari-hari. (www.vision.net)

Jam Piket Organ Tubuh
LAMBUNG
Jam 07.00 – 09.00 Jam piket organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap tubuh.

LIMPA
Jam 09.00 – 11.00 Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Jam 21.00 – 23.00 Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG
Jam 11.00 – 13.00 Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

Jam 23.00 – 01.00 Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI
Jam 13.00 – 15.00 Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

Jam 01.00 – 03.00 Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

PARU-PARU
Jam 15.00 – 17.00 Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

Jam 03.00 – 05.00 Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

GINJAL
Jam 17.00 – 19.00 Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG
Jam 19.00 – 21.00 Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan.

USUS BESAR
Jam 05.00 – 07.00 Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan BAB secara teratur.

2 Komentar

  1. Olahraga yang baik setelah sarapan OR sebelum sarapan sih ?

  2. Info bagus !!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???