5 Alasan Sehat Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan unsur kunci dalam susunan menu yang mementingkan kesehatan. Berikut beberpa bukti untuk meyakinkan Anda yang masih tetap belum suka makan sayuran hijau.

  1. Impian semua pediet. Semua sayuran hijau mengandung kalori yang kurang dari 25 per porsi (setengah cup sayuran matang) jika dimakan tanpa diberi tambahan lainnya.
  2. Membantu menjaga tulang tetap kuat. Brokoli, bok choy, dan kailan memberikan 35 sampai 80 mg kalsium per setengah cup. Beberapa jenis sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk membangun tulang. Dalam penelitian baru-baru ini, para ahli dari Harvard and Tufts University menemukan, para perempuan yang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K — paling sedikit 109 microgram (mcg) per hari — resiko menderita patah tulang pinggul menurun sampai 30% dibanding yang kurang mengonsumsi vitamin K. Satu porsi bayam mengandung 325 mcg vitamin K.
  3. Bebas lemak dan sumber serat. Rata-rata, setengah cup sayuran hijau menambahkan 2 gram serat yang mengenyangkan pada makanan kita — sama dengan sepotong roti whole wheat gandum penuh.
  4. Baik untuk tekanan darah. Beberapa sayuran hijau seperti bayam dan Swiss chard mengandung banyak magnesium dan potassium. Kedua nutrien ini bisa membantu menurunkan tekanan darah.
  5. Menyupkai folic acid. Nutrien ini bisa menurunkan resiko serangan jantung, stroke, kanker usus besar, dan beberapa cacat bawaan lahir. Satu porsi sayuran hijau memberikan 10 sampai 30% intake harian yang dianjurkan.

Tip Menyimpan Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung banyak air. Jika disimpan lama, udara panas melemahkan dinding sel, membuat air menguap, dan daun menjadi layu. Untuk menyegarkan sayuran, rendam sayuran dalam air dingin atau air es. Keringkan dan simpan di lemari pendingin paling sedikit selama 30 menit. Setelah dicuci bersih, tiriskan sampai airnya kering. Atau letakkan sayuran daun pada serbet dapur atau tisu dapur lalu digulung longgar.

Untuk menyimpan sayuran hijau yang sudah dicuci, bungkus longgar dengan tisu dapur, lalu masukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dibuat berlobang-lobang. Ikat kantong dan simpan sayuran di kotak crisper di dalam lemari pendingin. Penyimpanan dengan cara ini membuat sayuran bisa tahan sampai lebih dari 5 hari.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???