PlayStation Bikin Anak Cuek dan Sembrono

Bagi sebagian masyarakat dan orangtua, kegemaran anak terhadap PlayStation dianggap untuk mengisi waktu, meningkatkan ketrampilan dan konsentrasi anak. Bahkan ada yang beranggapan, anak lebih baik di PS daripada keluyuran, bermain tidak karuan atau berpanas-panasan. Namun sebenarnya, kalau dikaji lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya. Karena anak menjadi kurang sosialisasi dan perkembangan kecerdasan emosi menjadi terhambat.

Psikolog dari Klinik Tumbuh Kembang Anak RSUP Dr Sardjito, Dra Indria Laksmi Gamayanti mengatakan, sebenarnya latihan ketrampilan melalui PS tidak begitu besar. “Permainan di PS kan sudah diprogram, bukan merupakan tantangan untuk berkreasi, sehingga anak kurang terstimulasi perkembangan kreatifitasnya. Jadi, anak lebih baik bermain di lingkungan bebas yang kaya akan stimulasi,” kata Yanti.

Di sisi lain, kata Yanti, akan yang kecanduan PS sudah terbiasa dengan stimulasi yang bergerak, berwarna dan bercahaya serta bersuara. Akibatnya bila ada stimulasi lain yang intensitasnya lebih rendah, anak akan menjadi cuek. “Anak yang cuek, mudah marah, cenderung egosentris, tidak sabaran dan sembrono, itu karena anak kurang bersosialisasi. Dan kecanduan PS bisa membuat anak menjadi cuek, akibatnya sosialisasi yang kurang,” tambahnya. Selain itu, sinar elektromagnetik dari layar PS yang cukup lebar, bila terpancar terus menerus sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Bila ini dibiarkan terus menerus, anak akan mengalami gangguan pemusatan perhatian. Yanti mengatakan, dewasa ini, semakin banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya mengalami gangguan pemusatan perhatian sehingga konsentrasi belajar menurun dan prestasi sekolah menjadi turun. Bahkan, pernah ada seorang guru di Sleman yang mengeluh karena saat masuk siang kehilangan 10 anak didik. Setelah diusut, ternyata sang anak asyik di PS. Ini menunjukkan anak yang sudah kecanduan PS, bahkan sudah berani. “Guru juga mencermati, anak yang kecanduan PS ternyata prestasinya menurun dan malas-malasan serta disiplinnya menurun,” tambah Yanti. Masalah lain yang juga mengkhawatirkan adalah, lingkungan di sekitar PS. karena tak jarang, PS menyatu dengan persewaan VCD, yang juga menyewakan VCD porno. Anak yang bermain PS, sengaja atau tidak, ikut melihat VCD yang dipertunjukkan bagi orang dewasa. Karena itu, menurut Yanti, pengusaha juga harus memiliki tanggung jawab moril.

Memiliki anak yang sudah kecanduan PS, memang repot. Sudah banyak orangtua yang mengeluh namun merasa tidak mampu mencegah, karena sudah sangat akrab dengan kehidupan anak sehari-hari. Mengingat banyaknya kerugian, menurut Yanti, PS sebenarnya juga merupakan bahaya laten yang kini belum disadari oleh masyarakat. Karena itu, sudah saatnya, PS yang makin menjamur ini ditata jam operasinya.

Political will dari pemerintah sangat diperlukan, begitu juga kerjasama antara orangtua, guru dan masyarakat serta pemerintah untuk mengatur dan menanggulangi dampak negatifnya,” kata Yanti. (KR)

2 Komentar

  1. Sebenarnya saya wktu SMP kelas 1 tiap hari main PS, itu pun klo pulang dari sekolah. Ya, kadang2 klo besok nya libur ya sampe malam. Tapi mulai kelas 1 SMA sya pun brhenti aen PS, ya klo pun maen ya nggag sering. Wktu sering main PS itu mata saya gampang lemah, itu pun saya sampai di mrahi sama ortu saya. Bener juga sama artikel di atas. Saya sangat setuju. Bwt adek2 or siapa pun jangan sring2 man PS nya, bisa2 kalian ketagihan. Sampai2 mata kalian lemah seperti saya. Jangan sering2 wes klo maen PS.

  2. Hello! Would you mind if I share your blog with my zynga group?
    There’s a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???