Jangan Mencari Cara Mudah

Setelah lulus, saya mulai bekerja pada sebuah perusahaan keramik kecil. Di sana, saya tidak cocok dengan management dan diserang serikat buruh. Saya benar-benar terisolir. Saya membayangkan memimpim tim saya ke puncak gunung tinggi yang curam. Kami bisa saja berkecilhati, bisa saja mundur atau bahkan mungkin tergelincir dan jatuh ke jurang.

Seorang manager senior mendesak saya untuk berkompromi. Itu seperti meminta saya untuk memilih jalan yang lebih empuk dan mendaki gunung itu perlahan-lahan dengan kelompok itu.

Saya memikirkan sarannya, tapi memilih jalan yang lebih curam. Saya tahu, jika saya memilih cara yang lebih mudah dan mendaki perlahan-lahan, saya mungkin akan menyerah sebelum mencapai puncaknya. Saya tahu, saya orang yang lemah. Tapi orang-orang saya percaya pada saya. Pilihan saya atas jalan yang lebih empuk juga akan lebih memudahkan mereka. Tapi jalan ini tak akan membawa kami ke kebahagiaan sejati.

Saya lalu membulatkan tekad. Karena mempunyai keyakinan yang kuat, bahwa inilah jalan yang tepat, saya memutuskan untuk langsung mendakinya sampai ke puncak, tidak peduli securam apa pun jalannya. Atau sekeras apa pun cuaca yang mungkin kami hadapi. Sejak itu, saya selalu berusaha sekeras mungkin dengan diri saya, begitu juga dengan orang-orang lain sehingga kami semua bisa mencapai puncak gunung itu bersama-sama.

Jalan empuk tidak selalu menghantar kita ke tujuan kita. Saya tak pernah salah jalan dengan keyakinan ini.

A Passion for Success
Kazuo Inamori


Pikiran Berkembang Hanya Kalau Digunakan
Sama seperti tubuh yang menjadi kuat lewat latihan olahraga yang teratur, begitu juga pikiran, perlu digunakan secara teratur agar tetap kuat. Usahakan agar rencana perkembangan pribadi Anda meliputi banyak stimulasi mental. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan imaginasi dan ketrampilan visualisasi adalah dengan membaca. Saat membaca, pikiran kita menterjemahkan setiap katta menjadi gambaran-gambaran yang membantu kita memahami lebih baik konsep yang kita baca. Jadilah pembaca yang lahap. Baca koran-koran, majalah perdagangan, buku-buku self-help, dan novel-novel. Semua ini akan memberi kontribusi pada simpanan pengetahuan Anda dan pada kemampuan Anda untuk memvisualisasi serta menggunakan imaginasi dengan lebih efektif.

Ada sesuatu tentang Kebenaran yang membuatnya mudah dikenali orang-orang yang mencarinya dengan Pikiran terbuka
Raja Kue, Wally Amos suka menggunakan kutipan yang berbunyi, “Pikiran itu seperti parasut yang akan berfungsi paling baik jika terbuka.” Jika Anda membuka pikiran untuk berbagai kemungkinan, menganalisa informasi secara obyektif dan tidak membiarkan kesukaan serta bias-bias pribadi mempengaruhi penilaian Anda, maka Anda akan menemukan kebenaran besar yang telah dicari banyak orang. Sebaliknya, pikiran tertutup, akan membuat Anda kehilangan tawaran-tawaran terbesar dari kehidupan.

Jika Anda menemukan diri Anda terus menolak fakta-fakta, atau Anda terus berusaha mengubahnya untuk mendukung keyakinan-keyakinan Anda, tanyakan pada diri sendiri, “Mengapa saya begitu sulit menerima informai ini? Apakah pikiran saya logis, atau saya membiarkan emosi-emosi saya mengaburkan penilaian-penilaian saya?” Anda akan membuat kesalahan terbesar jika membujuk diri Anda untuk menerima kebenaran palsu. Membohongi orang lain adalah perbuatan yang tidak pantas. Jika Anda membohongi diri sendiri, bencana pasti akan segera mengikuti.

Pikiran yang tertutup tersandung pada karunia kehidupan tanpa bisa mengenalinya
Bagi mata yang tak terlatih, batu yang mengandung permata tampak sama sperti batu biasa. Tapi, ahli geologi terlatih tahu, di dalam batu tersebut terdapat kristal yang indah. Cerita ini sama dengan yang terjadi pada orang yang menolak meneliti kemungkinan-kemungkinan baru karena pikirannya tertutup. Peluang-peluang terbesar dalam hidup ini sama seperti permata dalam batu, sering muncul dalam kemasan yang biasa-biasa.

Jangan membiarkan diri menjadi orang yang mempunyai kebiasaan jalani saja apa yang ada dan membiarkan segala sesuatu dalam hidup ini terjadi dengan sendirinya. Ambil rute baru dalam perjalanan ke kantor, susun potongan-potongan gambar, lebih baik baca suratkabar daripada nonton tv, atau pergi ke museum pada jam makan siang. Hal ini bisa merangsang proses pemikiran Anda ke arah kemungkinan-kemungkinan baru.

Miliki Pikiran Anda dan Anda segera akan mendapatkan imbalan yang seimbang
Tak diragukan lagi, pikiran merupakan harta milik yang paling berharga. Anda bisa kehilangan semua materi yang Anda miliki, tapi pengetahuan tak pernah bisa diambil dari Anda. Dengan pengetahuan, Anda bisa mendapatkan keberuntungan baru, membangun rumah baru, dan membeli segala sesuatu yang benar-benar Anda inginkan. Tak seorang pun bisa mengendalikan pikiran-pikiran Anda; bahkan tiran yang paling kejam sekali pun tak bisa memaksa Anda memikirkan sesuatu yang Anda tolak. Jika Anda dengan hati-hati mengambil keputusan untuk mengendalikan pikiran Anda dan memberinya makanan berupa pemikiran-pemikiran yang positif dan konstruktif, Anda sedang berada di jalan untuk mengendalikan hidup Anda. Pemikiran yang Anda izinkan untuk menguasai pikiran Anda akan menentukan apa yang akan Anda dapatkan dalam hidup ini.

Ingat, Pikiran tumbuh jadi kuat karena digunakan.
Perjuangan mendatangkan Kekuatan

Napoleon Hill senang bercerita tentang kakeknya, seorang pembuat gerobak di Carolina Utara. Jika kakeknya membuka tanah untuk menanam sesuatu, ia selalu meninggalkan beberapa pohon ek di tengah-tengah padang, tanpa dilindungi pohon-pohin lain di dalam hutan. Dari pohon-pohon inilah kakeknya membuat roda gerobak. karena dipaksa berjuang melawan alam yang keras, pohon-pohon ini tumbuh menjadi cukup kuat untuk menahan beban-beban terberat.

Sambutlah tantangan-tantangan yang sulit, karena peluang terbesar akan datang dari tantangan yang memaksa Anda untuk memperluas pikiran di saat mencari solusi kreatif. Selama berjam-jam kehidupan yang paling suram, coba menghibur diri karena pada kenyataannya, Anda sedang menguatkan diri lewat perjuangan sehingga di masa depan Anda siap menghadapi tantangan-tantangan yang lebih besar lagi. Seperti halnya pohon ek tua itu, Anda tumbuh menjadi kuat hanya jika dipaksa untuk berjuang. (Aura)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???