Iklan TV Pengaruhi Pola Konsumsi Anak

Iklan melalui media massa ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap pola konsumsi anak. Dari berbagai media massa yang ada, tayangn iklan melalui televisi terbukti lebih efektif ketimbang media lain, seperti majalah, koran ataupun brosur. Namun perlu hati-hati, sebab tanyangan iklan bisa berdampak pada perubahan perilaku anak. Karena itu, orangtua disarankan untuk mendampingi anak ketika menonton televisi.

Di kalangan dunia usaha, tentu tidak asing dengan idiom ‘pengusaha yang tidak bersedia beriklan (melalui berbagai cara dan media) akan ditinggalkan konsumen’. Karenanya, banyak pelaku usaha yang kemudian menetapkan iklan sebagai sarana penting bagi distribusi usahanya. Melalui cara ini, mereka juga menjajaki kemungkinan untuk melakukan segmentasi pasar.

Dalam kaitan itu, anak-anak – karena kepolosan dan keluguannya – menjadi sasaran bidik lantaran memiliki potential demand yang sangat menggiurkan bagi pelaku usaha. Dari sisi konsumen, mereka sangat ‘lahap’ terhadap produk-produk industri. Asumsi yang demikian telah menggerakkan para industrialis untuk menggunakan iklan dalam memasarkan produknya.

Namun, seberapa besar pengaruh iklan terhadap pola konsumsi anak? Setidaknya hasil penelitian telah membuktikan pengaruh tersebut. Pengaruh ini ditunjukkan melalui pembelian produk makanan dan minuman kemasan yang sebagian besar informasinya diperoleh anak melalui iklan, angkanya mencapai 87,22 persen. Dari persentase tersebut, 46,67 persen informasi didapat melalui TV. Sedang sisanya, melalui koran / majalah (28,33%), brosur (12,22%), melalui teman (8,33%), dan lainnya (4,45%).

Penelitian ini mengambil 300 responden yang terdiri dari siswa praTK, TK hingga SD. Dari hasil penelitian itu diketahui, 300 anak-anak menggunakan uang sakunya (Rp. 5.900 / hari) untuk membeli makanan dan minuman (105), membeli mainan (56), membeli alat belajar (52), biaya transpor (44) dan lain-lain (43). Mereka yang menggunakan uang sakunya untuk membeli makanan dan minuman, sebagian besar (68,58%) memilih dalam bentuk kemasan, sedang sisanya memilih makanan dan minuman curah. Hal ini menunjukkan bahwa makanan dan minuman dalam bentuk kemasan lebih mempunyai daya tarik daripada dalam bentuk curah.

Mengingat televisi mempunyai pengaruh yang sangat besar pada perilaku anak, maka orangtua sebaiknya lebih selektif dalam memilihkan program untuk mereka. Hal ini diperlukan agar orangtua benar-benar bisa menjadi filter yang baik atas pola perilaku anak.(KR)

2 Komentar

  1. Penelitian ini cukup bagus. Namun, menurut saya hasil dari penelitian ini baru sebatas distribusi frekuensi yang baru mengindikasikan jumlah dan persentase responden, obyek yang masuk ke dalam kategori yang ada sehingga hanya bisa memberikan informasi awal dalam penelitian tentang obyek atau responden.

    Memang jika dilihat dari angka2 persentasenya, menunjukkan bahwa pembelian produk makanan dan minuman kemasan yang sebagian besar informasinya diperoleh anak melalui iklan, angkanya mencapai 87,22 persen dst.

    Tetapi apakah angka2 ini sudah mampu menjawab bahwa memang benar bahwa iklan Tv dapat mempengaruhi pola konsumsi anak???
    Saya pikir itu belum cukup kuat sehingga perlu dilakukan uji statistik infrensia.

    Pada dasarnya pola konsumsi anak tidak hanya dipengaruhi oleh iklan TV saja, melainkan juga dari teman sepermainan, keluarga, ketersediaan makanan, daya beli, dan faktor lainnya.

    Demikian, terima kasih.

  2. […] lewat iklan, 46,67% melalui TV; 28,33% melalui koran /majalah; 12,22% melalui brosur. Sumber klik disini AKPC_IDS += "40,";Popularity: unranked […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???