12 Kebiasaan Sehat Untuk Awet dan Panjang Umur dan Awet Muda

Mungkin Anda pernah bertemu teman lama yang lama tidak bertemu tapi penampilannya tetap tidak berubah atau tidak tambah tua. Sebaliknya, ada juga yang jadi jauh lebih tua dari usia sebenarnya, usia yang tidak dihitung berdasarkan kalender, tapi menurut pilihan sehat yang Anda buat setiap hari. Usia ini bisa tampak beberapa tahun lebih tua atau lebih muda jika dihitung dari tahun kelahiran Anda.

Penuaan merupakan hasil akumulasi dari banyak hal. Seberapa cepat terjadinya terutama tergantung pada kesehatan arteri, kekuatan sistem imun, dan seberapa hati-hatinya Anda dengan gaya hidup Anda. Jika, misalnya, Anda tidak menjaga pembuluh-pembuluh arteri Anda, pembuluh-pembuluh itu bisa tersumbat timbunan lemak, mengurangi aliran oksigen dan nutrien-nutrien ke seluruh sel tubuh. Anda mungkin sudah tahu, penyumbatan ini bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Sebenarnya akibatnya lebih dari itu. Seluruh tubuh kita akan menjadi lebih cepat tua jika pembuluh arteri tersumbat.

Untuk sistem imun, biasanya mulai memburuk sejalan dengan pertambahan usia yang mulai dengan tidak mengenali tanda-tanda peringatan penting seperti kontrol genetik di antara sel yang biasanya melindungi sel-sel berubah menjadi bersifat kanker. Juga lebih mudah terserang penyakit-penyakit lainnya.

Faktor lingkungan dan sosial juga ikut berperan besar tentang cepatnya proses menua. Gaya hidup Anda (apakah Anda berolahraga?); apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh (makanan tinggi lemak?); risiko yang Anda ambil (mengemudi sambil bicara di ponsel?); dan stres yang Anda tanggung — semuanya merupakan faktor cepatnya proses penuaan.

Tapi, Anda dapat memperlambat proses penuaan ini di daerah-daerah kunci. Caranya dengan menentukan pilihan yang tepat dan Anda dapat mengurangi usia kalender Anda. Bisa jadi seberapa mudakah Anda? Dapatkah Anda mempunyai usia sebenarnya yang katakanlah 12 tahun? Tentu saja tidak. Tapi, relatif mudah bagi wanita berusia 50-an atau 60-an mengurangi usia sebenarnya antara 5 sampai 8 tahun. Akan lebih susah untuk menguranginya sampai 15 atau 16 tahun. Yang lebih penting adalah, dengan makin awet muda, Anda tidak hanya lebih panjang umur, tapi juga lebih sehat dan lebih bersemangat.
Berikut, 12 kebiasaan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang serius, untuk membantu memperlambat proses penuaan.

  1. Amati kesehatan Anda
    Hampir semua orang tahu jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh mereka. Jadi, waspadai setiap tanda-tanda awal. Jika ada sesuatu yang tidak beres, segera periksakan ke dokter. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan kesehatan menurut usia.

    • Periksa kesehatan jantung setiap tahun
    • Periksa tekanan darah setiap tahun
    • Lakukan pemeriksaan pap smear setiap tahun (wanita usia 18 atau lebih)
    • Periksa kolesterol dan diabetes setiap 5 tahun (bagi wanita usia 35 dan lebih)
    • Lakukan mammogram setiap tahun (wanita usia 40 dan lebih)
    • Tes kanker usus setiap 3 tahun (wanita usia 50 dan lebih)
    • Periksa thyroid setiap 5 tahun (wanita usia 60 dan lebih)

    Manfaat maksimum: 12 tahun

  2. Lakukan aktivitas fisik dengan teman 2 kali seminggu
    Anda akan mendapatkan khasiat ganda. Pembuluh arteri dan sistem imun merasakan manfaat olahraga dan Anda membangun jaringan sosial yang akan memberikan dukungan yang kuat yang bisa membantu Anda mengatasi stres. Setiap aktivitas fisik — tenis, jalan-jalan biasa adalah lebih baik dibanding tidak ada sama sekali. Tetapi jalan cepat selama 1 jam sehari, atau melakukan olahraga berat paling sedikit 30 menit dapat meningkatkan penurunan usia optimum.
    Manfaat maksimum olahraga: 4 tahun
    Manfaat maksimum untuk hubungan personal akrab: 30 tahun
  3. Buat agar diri Anda jadi kuat
    Selain aerobik, lakukan latihan yang membangun kekuatan seperti angkat beban 3 kali seminggu paling sedikit selama 10 menit. Membangun otot membuat Anda tidak mudah jatuh. Seandainya jatuh pun, peningkatan kepadatan tulang yang didapat dari latihan olahraga bisa mengurangi resiko jadi cacat karena patah tulang. Selain itu juga mempunyai manfaat untuk arteri dan sistem imun Anda.
    Manfaat maksimum: 1,7 tahun
  4. Kenali risiko Genetik Anda
    Jika orangtua Anda meninggal katakanlah di atas 80 (atau kakek/nenek Anda jika usia orangtua Anda belum tua) wajah Anda bisa lebih muda 4 tahun. Tapi tanpa keberuntungan seprti ini pun, Anda bisa mengendalikan efek penuaan yang berkaitan dengan profil genetik Anda dengan melakukan langkah-langkah pencegahan dan melakukan pemeriksaan untuk deteksi awal. JIka dalam keluarga Anda terdapat riwayat penyakit kardiovaskuler, lakukan tindak pencegahan penuaan arteri. Hal serupa bisa dilakukan untuk penyakit-penyakit lainnya yang berkaitan dengan genetik seperti diabetes, kanker payudara dan kanker rahim dan sebagainya.
    Manfaat maksimum: Tergantung penyakitnya, lebih dari 12 tahun
  5. Lakukan apa saja agar tekanan darah tidak naik
    Tekanan darah merupakan penentu kunci dari penuaan arteri, yang berkaitan dengan stroke dan penyakit jantung (masih ditambah lagi dengan daya ingat yang merosot, menurunnya kualitas orgasme, dan menyebabkan keriput). Tekanan darah 120/80 sampai 130/85 termasuk normal tapi tidak ideal. Sasaran Anda hendaknya 115/70 atau lebih rendah. Jika diet dan olahraga tidak menurunkan tekanan darah, kemungkinan Anda memerlukan pengobatan dokter.
    Manfaat maksimum: Lebih dari 26 tahun
  6. Sikat gigi dan floss setiap hari
    Penyakit gusi yang parah dapat menyebabkan penuaan sistem arteri, mungkin bakteri yang membentuk plak dan berkaitan dengan penyakit gusi juga menyebabkan reaksi imun yang menyerang arteri-arteri kita.
    Manfaat maksimum: 4,6 tahun
  7. Pertimbangkan menjalani terapi pengganti hormon
    Estrogen dalam terapi pengganti hormon tampaknya bisa membantu menjaga lapisan jaringan pembuluh-pembuluh darah agar tetap sehat, mengurangi penyumbatan yang dapat memicu serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Estrogen juga bisa membuat fungsi kognitif menjadi lebih baik dan mengurangi masalah ingatan pada perempuan dengan simpton menopausal.
    Kelemahannya, mendapatkan estrogen sesudah menopause bisa meningkatkan resiko kanker payusara. bagi perempuan yang mempunyai famili atau histori medis, kini sudah diciptakan estrogen baru, raloxifene (Evista) yang tidak meningkatkan resiko dan bahkan bisa menguranginya. Obat ini sudah menunjukkan berhasil memperlambat hilangnya massa tulang dan tampaknya bisa menunda proses penuaan arteri, tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
    Manfaat maksimum: 8 tahun pada usia 70
  8. Minum suplemen yang tepat dan hindari yang salah
    Mengkonsumsi aneka ragam makanan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan nutrien yang tepat. Tapi banyak juga diantara kita yang harus minum vitamin untuk mencapai menfaat anti penuaan, Anda mungkin memerlukan suplemen dalam dosis yang lebih tinggi dari yang dianjurkan. Tepatnya sebagai berikut:

    • Vitamin C, yang bisa mengurangi penuaan arteri dan menunda penuaan sistem imun, disarankan untuk minum 1.200 mg per hari dari makanan maupun suplemen. Jangan minum sekaligus tapi bagi menjadi beberapa kali sehari.
    • Vitamin D, yang membantu melindungi terhadap osteoporosis dan mencegah patah tulang. Konsumsi vitamin D 400 IU dalam makanan atau suplemen.
    • Vitamin E, yang dihubungkan dengan penurunan proses penuaan pada arteridn sistem imun, melindungi sel-sel dari radikal bebas yang berbahaya. Anda perlu 400 IU per hari
    • Folate (folic acid), yang membantu mencegah penuaan sistem kardiovaskuler dengan mengurangi jumlah homocysteine — suatu zat yang merusak arteri — di dalah darah. Minum suplemen sebanyak 400 microgram.
    • Kalsium, yang mengurangi proses penuaan akibat cacat yang disebabkan hilangnya massa tulang. Dapatkan 1.200 mg dari makanan atau suplemen.

    Suplemen apa yang harus dihindari? Zat besi (kecuali dibawah pengawasan dokter) yang bisa memicu penuaan sistem arteri, dan vitamin A.
    Manfaat maksimum: 8 tahun

  9. Lakukan hubungan intim yang bermutu
    Hasil penelitian baru menemukan, hubungan intim yang lebih sering dan lebih menyenangkan bisa mengurangi kematian. Seberapa banyak boleh memperturutkan dorongan hati? Bagi pria, lebih sering selalu berarti lebih baik. Tapi bagi wanita, manfaat anti penuaan maksimum dicapai jika Anda bahagia baik dengan kuantitas maupun dari kehidupan seks Anda.
    Manfaat maksimum: 2 tahun
  10. Hindari terpapar perokok pasif
    Merokok memicu proses penuaan secara dramatis. Tapi, efek pada sistem imun dan arteri tampaknya hampir sama kuatnya pada perokok pasif yang menghirup asap rokok.
    Manfaat maksimum: 6,9 tahun (dibanding mereka yang terekspos 4 jam per hari)
  11. Hidup dalam batas kemampuan
    Stres yang disebabkan karena masalah keuangan (terutama yang disebabkan bangkrut) dapat menyebabkan penuaan yang tak dikehendaki secara nyata. Termasuk penuaan pembuluh arteri dan sistem imun.
    Manfaat maksimum: 8 tahun
  12. Makan 10 porsi pasta tomat per minggu
    Kendati baru ditemukan baru-baru ini, bahwa pasta tomat dan produk tomat lainnya dapat mengurangi resiko kanker prostat, bukti-bukti baru menunjukkan, tomat juga bisa menghindari sejumlah penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Minum jus tomat atau makan buah tomat mentah tak akan menghasilkan khasiat ini. Untuk menyerap lycopene yang terdapat di dalam tomat, yang berkhasiat mencegah penyakit kanker, diperlukan sedikit lemak pada waktu bersamaan. Coba oleskan sedikit minyak zaitun pada tomat panggang. Untuk pasta, pilih saus tomat yang mengandung sedikit minyak.
    Manfaat maksimum: 8 tahun

1 Komentar

  1. yup…salah satu resep awet muda adalah dengan berhubungan intim yang berkualitas. Saat seseorang mengalami klimaks, tubuh akan mengeluarkan DHEA (dehidroepinoandrosteron) yang diyakini sebagai THE SUPERSTAR OF ANTI AGING HORMON oleh para pakar anti aging medicine pada seminar anti aging di Jakarta.

    Ingin tau lebih banyak mengenai anti aging? bergabung sebagai komunitas anti aging dan mendapatkan banyak informasi kesehatan? klik http://www.qvida.co.id

    Di sana lah akan Anda dapatkan All of The Key of Anti Aging !


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???