Kesalahan-Kesalahan Saat Berolahraga

Semua orang tahu olahraga itu baik untuk kita, tapi tidak semua orang tau bagaimana berolahraga dengan aman dan efektif. Nah, disini ada enam kesalahan yang umum dilakukan saat berolahraga beserta tipsnya untuk memastikan olahraga anda bebas-kesalahan:

  1. Melakukan kegiatan yang sama terus menerus.
    Dengan secara berulang melakukan tipe olahraga yang sama, tubuh anda tidak akan menghadapi tantangan lagi. Selain kebosanan, anda pun berisiko terkena cidera akibat penggunaan otot berlebih. Oleh karena itu, variasikan olahraga anda ! Jika anda memutuskan untuk berlari di hari Senin, Rabu dan Jumat, maka bersepedalah di hari Selasa dan Minggunya.
  2. Tidak melakukan perengangan.
    Orang akan secara setia melakukan olahraga kardiovaskular serta angkat beban, tapi cenderung melupakan untuk melakukan cooling-down setelah itu. Perengangan ini penting untuk relaksasi otot, mencegah cidera, dan memperbaiki postur tubuh. Lakukan lima sampai sepuluh perengangan yang menargetkan pada kelompok otot besar diakhir tiap sesi olahraga. Lakukan tiap perengangan selama 10-30 detik.
  3. Prosedur yang tidak benar saat mengangkat beban.
    Jika sudah bicara mengenai keselamatan dan efektifitas, bukan lagi berapa banyak beban yang dapat anda angkat yang penting, tapi bagaimana anda melakukannya. Kesalahan utama yang biasa dilakukan orang adalah mengangkat beban dengan cepat dan tidak terkontrol. Lebih baik anda melakukan tiap pengulangan dalam tempo lambat dan terkontrol untuk memastikan kalau ototlah daripada gravitasi dan momentum yang melakukan latihan tersebut. Biasanya membutuhkan waktu satu detik untuk mengangkat beban dan tiga detik untuk menurunkannya.
  4. Olahraga yang over.
    Orang seringkali berasumsi kalau semakin banyak berolahraga semakin baik. Salah besar ! Melakukan olahraga terlalu banyak, terlalu cepat atau melakukan olahraga intensif setiap hari memiliki efek yang membahayakan seperti ketegangan otot/tendon, kehilangan jaringan otot. Jika anda masih pemula, mulailah dengan perlahan. Tiga kali perminggu merupakan waktu yang realistik, aman dan efektif. Jika anda sudah berpengalaman, lakukan kegiatan kardiovaskular tidak lebih dari 200 menit perminggu dengan tidak lebih dari 60 menit per sesi. Latihan beban seharusnya dilakukan tidak lebih dari tiga hari perminggu untuk menargetkan pada kelompok otot yang sama. latihlah kelompok otot yang sama pada hari yang selang-seling.
  5. Tidak Konsisten.
    Gangguan yang sering terjadi akan menghilangkan keuntungan dari program olahraga apapun. Olahraga yang sering berhenti-mulai bukan hanya tidak efektif tapi bisa juga potensial cidera. Faktor yang paling penting untuk mencapai hasil yang diharapkan adalah tetap konsisten dengan olahraga kita. Realistiklah dengan kegiatan olahraga kita serta jadwalkan untuk berolahraga dalam satu minggu dan laksanakan!
  6. Tidak peduli akan sinyal tubuh anda.
    Berolahraga walaupun sakit bukanlah ide yang baik. Jika anda merasa tidak nyaman saat latihan yang (1) berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu, (2) secara gradual memburuk, (3) menganggu olahraga rutin anda dan/atau (4) tidak biasa dan tampaknya secara tiba-tiba – maka berhentilah berolahraga dan konsultasikan pada dokter anda. (www.shorinji-kempo.org)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???