Aromaterapi Cegah Sakit

Normalnya tubuh punya sistem pertahanan diri untuk menangkal ‘benda asing’. Baik terhadap serangan luar maupun dari dalam tubuh sendiri. Sistem kekebalan tubuh terdiri atas thimus atau organ limfatik sekaligus aliran limfanya. Bila sistem ini bereaksi normal, gejala yang terjadi menunjukkan adanya ‘peperangan’ antara sistem kekebalan tubuh dengan zat asing yang masuk. Yakni, timbul gejala demam bahkan sampai menggigil.

Banyak Faktor
Bahan asing tersebut bisa berupa virus, bakteri, jamur dan bahan kimia beracun. Pada orang tertentu, jaringan tubuhnya sendiri bisa mengeluarkan zat yang tak dikenali tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh inipun bereaksi sebagaimana bila ada benda asing dari luar tubuh. Ini disebut autoimun disease. Tanpa daya tahan tubuh yang bagus, penyakit mudah menyerang tubuh. Beda, jika sistem kekebalan prima. Mungkin, bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit termasuk serangan sel kanker. Namun untuk bisa pulih kembali, tubuh membutuhkan waktu cukup lama. Apalagi, kalau kondisinya tidak terlalu fit.

Berat dan lamanya penyakit bercokol di tubuh seseorang bergantung dari banyak faktor. Mulai dari usia, gizi, dan higiene orang tersebut. Bahkan, perubahan mental dan emosi bisa mempengaruhi pemulihan penderita.

Tak hanya Kecantikan
Untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau status imun manusia dilakukan berbagai cara. Mulai pemenuhan nutrisi yang cukup, aktivitas sehari-hari yang ringan dan istirahat yang cukup. Sementara itu, aroma terapi yang selama ini dikenal dapat menghilangkan stres, juga bisa digunakan sebagai alternatif. Beberapa dari aroma terapi secara tidak langsung mempunyai efek psikoterapi yang baik terhadap kekebalan kita. Jadi, bukan hanya untuk merawat kecantikan, aroma terapi juga bisa bermanfaat untuk hal lain. Berikut beberapa khasiat yang bisa diambil dari aroma terapi:

  • Sebagai anti biotik dan bakterisid. Contohnya, lavender, lemon, grass, rosemary serta tea free.
  • Sebagai anti virus, mencegah komplikasi infeksi virus seperti pada demam dan sebagai sitofilatik.
  • Sebagai depuratif atau bahan yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Contohnya, aroma tanaman rose otto dan angelica.
  • Sebagai fungisida, yakni untuk melawan jamur. Misalnya, jamur jenis candida. Aroma yang biasa dipakai berasal dari lavender juga tea tree.
  • Sebagai parantisida, untuk membunuh parasit semacam kutu dan lalat. Contohnya daun eucalyptus, lavender dan rosemary.
  • Bisa juga berfungsi untuk membunuh cacing dalam usus yang ‘jahat’. Contohnya, aromaterapi garganut, lavender, lemon.
  • Yang terakhir, dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. (Radar Jogja)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    JNE TULEHU
    (DH. WARNET PONDOK.NET)
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???