Kerajaan Islam Hatuhaha

A. UMUM
Sebelum terbentuknya Kerajaan Islam Hatuhaha di Jazirah Uli Hatuhaha seringkali terjadi kerusuhan-kerusuhan, seperti pada tahun 1382 terjadi peperangan Urisiwa di gunung Sialana anatar kelompok-kelompok yang tidak mau tunduk pada prinsip-prinsip Hatuhaha, antara Kapitan yang satu dengan Kapitan yang lain. Tetapi dengan kehadiran Kapitan Ismail Akipai di Jazirah ini, maka dapatlah diatasi segala kerusuhan serta membawa perubahan-perubahan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan di antara Kapitan-kapitan maupun tokoh-tokoh masyarakat di Jazirah Uli Hatuhaha. Sehingga daerah ini dapat disatukan dalam satu wadah yakni Uli Hatuhaha. Kapitan Ismail Akipai dapat menciptakan suatu kondisi yang baik dengan jalan mengangkat Ronerusun Marapaika (Matasiri) selaku kepala adat Hatuhaha Amarima Lounusa dengan istilah Latu Nusa Barakate, yang memepunyai kedudukan tertinggi di Jazirah Uli hatuhaha, dimana kedudukan ini masih tetap dipertahankan sampai saat ini dengan istilah Ketua Latu Pati. Sedangkan pada masing-masing negeri diangkat seorang raja, antara lain:
1. Kapitan Seipati Kabaresi sebagai Latu (Raja) untuk kelompok Sahapori (Kailolo) dengan gelar Latu Surinai.
2. Kelompok Samasuru (Kabauw) Latu Karia Sina (Latu Pisina Sinamahu) kemudian diserahkan kepada Latu Supaholo seterusnya kepada marga Pattimahu.
3. Kelompok Mandelisa (Rohomoni) diangkat dari kelompok Moniya Tihusele ditetapkan Makuku Rahamete dengan gelar Sangaji, dimana marga Sangaji memegang tampuk pemerintahan sampai sekarang.
4. Kapitan Tuai Leisina Tuanoya sebagai Latu (Raja) untuk kelompok Haturesi (Hulaliu).

Dalam proses pengangkatan di atas menimbulkan protes dari Kapitan Kohiyasi, yang seolah-olah menghendaki kedudukan tersebut, sesuai dengan kapatah sebagai berikut:
Musunipi kup lete asai Lounusa, o
Akipai hiti Latu Ronae, ea
Kohiyasi weitai kanamai, anakai Akipai Paria ipiri
Susa hee Latu Ronae, ihiti puna Latu Nusa Barakate

Namun sesuai dengan perjanjian bersama antara Kapitan Akipai dengan Kapitan Rihiya Hutubesy pada saat berakhir peperangan Uri-Siwa di gunung Sialana, maka Kapitan Ismail Akipai tetap melaksanakan pengangkatan tersebut dan ternyata pengangkatan tersebut berjalan baik tanpa seorangpun berani menghalanginya.
Dengan demikian dapatlah diketahui bahwa tugas dan fungsi daripada Kapitan Ismail Akipai adalah untuk memulihkan keamanan dan ketertiban dari gangguan, baik yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar, serta mengangkat kepala-kepala adat, Latu (Raja).

B. TERBENTUKNYA KERAJAAN ISLAM HATUHAHA
Berdasarkan informasi dari leluhur kami bahwa di Maluku Tengah tepatnya di pulau Haruku, bagian Utara terdapat sebuah kerajaan Islam yang bernama “Kerajaan Islam hatuhaha”, yang pada saat itu merupakan suatu kerajaan Islam yang terkuat di Lease. Kerajaan Islam Hatuhaha terbentuk daripada lima buah negeri yang disebut Amarima Lounusa, antara lain :
1. Haturesi (Hulaliu)
2. Matasiri (Pelau)
3. Sahapori (Kailolo)
4. Samasuru (Kabauw)
5. Mandelisa (Rohomoni)

Kerajaan Islam Hatuhaha ini sebelumnya bernama Kerajaan Hatuhaha, dimana pada tahun 1380 Miladiyah kerajaan tersebut dibawah pengawasan seorang Kapitan yang bernama Kapitan Ismail Akipai yang sakti mandraguna, namun struktur pemerintahannya belum diatur sebagaimana halnya suatu kerajaan.
Dengan kedatangan Datuk Zainal Abidin di Jazirah Uli Hatuhaha pada tahun 1385 Miladiyah sebagai penyiar agama Islam banyak membawa perubahan sehingga pada tahun 1410-1412 Miladiyah agama Islam diterima secara bulat oleh masyarakat Amarima Lounusa. Pada saat itu juga Kerajaan Hatuhaha berganti nama menjadi Kerajaan Islam Hatuhaha, dimana pelaksanaan roda administrasi pemerintahan dibagi menurut kedudukan adat, antara lain:
1. Raja Matasiri (Pelauw) sebagai Latu Nusa Barakate Hatuhaha
2. Raja Haturesi (Hulaliu) sebagai Sekretaris Hatuhaha (penyimpanan arsip/ surat)
3. Raja Sahapori (Kailolo) sebagai Panglima Perang Hatuhaha serta penjaga keamanan terhadap bahaya yang datang dari dalam maupun dari luar Jazirah Uli Hatuhaha
4. Raja Samasuru (Kabauw) sebagai Ahli Perdagangan (koordinator bidang ekonomi)
5. Raja Mandelisa (Rohomoni) sebagai Imam Hatuhaha, hal ini didasarkan pada Muhudumu merupakan orang pertama yang diIslamkan
Setelah terbentuknya Kerajaan Islam Hatuhaha pada tahun 1410-1412 Miladiyah, tahun itu juga merupakan tonggak sejarah perkembangan agama Islam di Jazirah Uli Hatuhaha yang dapat mempersatukan Amarima Lounusa menjadi satu kesatuan, seperti diungkapkan pada kapatah di bawah ini:
Hatuhaha taha rua taha rima’o
Ite looka hiti haha ruma’ea
Ite looka hiti haha ruma’io
Irehu waela sala isya’i

Artinya :
Masyarakat Hatuhaha tidak ada perbedaan kelompok, baik dua maupun lima, mereka saling bantu membantu satu sama lain, karena mereka berasal dari satu pancaran mata air.

Dengan demikian setiap permasalahan yang timbul di Jazirah Uli Hatuhaha dapat dieselesaikan secara adat hatuhaha yang dinamakan “Musunipi” (musyawarah). Hal ini atas gagasan Kapitan Ismail Akipai.
Kerajaan Islam Hatuhaha pada awalnya merupakan satu negeri adat yang besar dalam sejarah, dengan kedudukan ibu negerinya dikenal dengan nama Amahatu yang terletak disekitar pegunungan Alaka. Namun karena proses perkembangan sejarah, negeri Hatuhaha ini terpecah menjadi lima buah negeri yang kesemuanya terpencar disepanjang pesisir pantai pulau Haruku bagian Utara. Negeri Haturesi (Hulaliu) merupakan satu-satunya pecahan negeri Hatuhaha yang penduduknya berpindah agama, sedangkan empat negeri lainnya tetap berpegang kepada agama Islam.


REFERENSI:
1). Richard Z. Leirissa, Drs, Maluku Dalam Perjuangan Nasional Indonesia, Lembaga Sejarah Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1975
2). Abu Bakar Ohorella, Pemuka Masyarakat Kailolo, 1989
3). Abdul Latif Tuanany, mantan Sekretaris Desa Kailolo, 1989
4). Hi. Kojabale Marasabessy, Pemuka Masyarakat Kailolo, 1989

About these ads

66 Komentar

  1. perlu adanya kejelasan sejarah tentang upu akipai, sebenarnya tidak diragukan kehebatannya di zaman itu. tapi beberapa bait lani hatuhaha yang tertulis seperti

    pauna hena lua nusu teuna sialana
    iyasyi alamai rihia matawoku
    iyasyi alamai rihia matawoku
    iyai paheta eka risa

    bukankah itu sejarah terkait upu rembessi matakau???? pauna hena lua (kabau kailolo) mengapa harus mengahadap upu rihia kura upu matawoku??? bukankah menurut penjelasan abang di atas bahwa kehebatan mereka tidak dapat diragukan. Tapi kenapa????

  2. sedikit meluruskan lani yg di utarakan oleh fara

    pauna hena lua nusu teuna sialana
    iyasyi alamai akipai he’esyi
    isyai alamai akipai he’esyi
    iyai pahita eka risa

    lani ini terkait dengan peristiwa upu rembesi matakau dengan raja waai. berdasarkan sumber yg ada. dikatakan bahwa upu rembesi matakau pergi ke upu akipai meminta kesediaannya untuk membantunya dalam peristiwa tersebut.

    namun kita tidak bisa pungkiri bahwa keberadaan upu akipai sendiri di bawah garis komando dengan upu rihia kura upu matawoku, sehingga upu akipai tidak bisa mengambil keputusan sendiri untuk bisa membantu upu akipai. makanya upu akipai dan upu rembesi matakau menghadap upu rihia kura upu matawoku untuk meminta izin atas upu akipai.

    bisa diliihat, bagaimana kedudukan upu akipai dengan upu rihia kura upu matawoku. seandainya penulis mengatakan bahwa upu akipai memiliki kuasa penuh atau berada di atas semuanya, maka tidak mungkin mereka menghadap ke teuna sialana….

    ada apa???????

    sekali lagi, tolong cari data yg lebih akurat tentang sepak terjang UPU MOHUDUMU, karena cerita di atas tak ubahnya cerita dongen pembawa tidur untuk si kecil….

    sedikit saran too admin ::: > diharapkan pemaparan ini seharusnya jangan hanya bersumebr dari satu daerah atau lokasi, karena bukan tidak mungkin setiap daerah punya satu garis sejarah yg sama apalagi ini menyangkut garis histori hatuhaha, otomatis jangan hanya mengacu pada cerita2 di daerah mana admin bertempat tinggal….alias kita harus profesional dalam memaparkan sesuatu.

    ::::: salam kenal :::::

    • pi cari di jembatan lapiaso

      dan pi cari di kuburra murinynyi

  3. Salam kenal for smua….

    Trims atas cerita sejarahnya, paling tidak dari nama2 kapitang yang di sebutkan satu per satu (mungkin tidak semuanya) soalnya kalw katong tanya orang tua2 di katong tentang nama2 kapitang atw datu2 sangat susah tuk di buka…dan artikel ini juga bisa menjadi perantara katong untuk silaturahmi antar generasi muda hatuhaha sekaligus saling tukar referensi sejarah dan pikiran.

    pertama2 bt bilang kalaw katong tidak hidup jaman dolo deng tete2 dong sehingga apa yang katong tulis disini atau referensi yg katong dapatkan berdasarkan logika, cerita dan penafsiran tiap2 pribadi yg menterjemahkan sejarah, kita tau klw sejarah kita jarang di bukukan tapi setau bt sejarah perjalanan syiar Islam dan ajaran katong di nusa hatuhaha itu tersimpan dalam kitab2 / buku2 di rumanai ma’arifat (di rohmoni)

    katong smua generasi hatuhaha tau kalau kapitang akipai adalah salah satu panglima di salah satu sektor hatuhaha saat perang alaka berkecamuk (tp bt sadiki protes artikel yg bg rasyid tulis di atas, menyangkut “superiornya” kapitang akipai, klw berdasarkan referensi di kabau dan rohmoni, panglima itu berada di kabau (kapitang Rumbesi matakau) ). hatuhaha adalah sistem, ibarat tubuh manusia. tanpa bahgian tubuh yang lain, maka tubuh mc tidak akan sempurna. jadi pengkultusan secara berlebihan berdasarkan referensi kita masing2 tanpa penanafsiran sejarah scr objektif, menurut saya terlalu “extrim” lebih ksusus lagi menyangkut Tuan MOHDUM.

    Bg rasyid sepertinya tidap punya rasa hormat dan adab sadiki lai par katong2 punya datu2 di hatuhaha ( paling tidak dalam penyebutan nama para datuk2), bukankah kata katong org tua2 bahwa katong ini satu berarti datuk2 yang ada di sahapoiri adalh datuk2 mandalise, samasuru, matasiri, dan haturesi juga.

    Ada dalam salah satu artikel di tuliskan bahwa Muhdum berasal dari kata haddam (pelayan), dan itu adalah nama yang akan di berikan kepada upu Mohdumu. Beta luruskan sadiki klw Mohdumu itu berasal kata2 di wilayah persia atw india (ulama2 dari wilayah itu sering memakai nama Mohdum / makdum / kwaja / kwajagan ..), Mohdum artinya guru yang dipertuan atw Tuan guru, sama dengan Maulana karna dialeg katorang sehingga penyebutan Mohdum menjadi Mohodumu..

    Sejarah yg ada di katong itu menurut bt tidak hanya bisa dilihat dari “permukaan” yang hanya melibatkan logika, penafsiran dan referensi dari tiap2 kampung. katong harus melihat dari semua sudut pandang dan semua referensi serta bisa menjawab semua pertanyaan2 yang mengganjal di pikiran katorang. Bt pernah bc referensi dari salah satu Universitas di amerika (url-nya bt udah lupa) menyangkut penyebaran Islam di Asia, salah satunya tentang kedatang tuan pandita (syekh) 2 orang dari nusa mahu dan referensi itu sama dengan salah satu lania yg berkisah tentang kedatangan 2 org pandita dr nusa mahu, tuan satu org melengkapi monia-itu dan tuan satu lagi masuk dalam seherambi haite (sahapori), bukan berarti mereka datang untuk syiar islam tapi tuk menempati posisi yg masih kosong dalam suatu lembaga karna islam sudah ada sejak dulu tp masih belum lengkap alias masih bersifat individual, lembaga tersebut di rohmoni di namakan monia-itu, kabau namanya waeluruy-itu..artinya terdapat dalam tiap2 kapung ada 7 lembaga)

    Beta mau tanya : Upu mohdumu makan sisa makanan dari tuan pandita dan tuan akipai, bukankah aneh kalau dlm waktu tidak lama Upu Mohdumu bisa jadi Imam Hatuhaha..??? bukannya butuh waktu yg cukup panjang tuk kuasai syariat islam dan bahasa arab (ayat2 sembahyang pake bhs arab)..???,. Bukankah tidak lama kemudian juga datang para mubaligh yang berasal dari nusa arab dan persia yang notabene telah menguasai islam secara keseluruhan lalu kenapa tidak menjadi imam hatuhaha…??? dan kenapa kapitang akipai tidak jadi imam hatuhaha karna ketemu upu pandit lebih dulu…???. Ini adalah salah satu kemisteriusan tentang sejarah upu mohdumu. Lalu siapakah upu mohdumu…???, kenapa di rohmoni ada sowa siwa arti secara harfiah : 9 lembaga / sowa (rumah nai hatuhaha) dan di sampingnya rumah nai ma’rifat , apakah itu…????, klw saya jelaskan secara detail akan ada kesan pengkultusan yang lebih “extrim” lagi, dan kenapa semua itu ada di rohmoni…????, bg rasyid tau, apa itu (arti dari) rohmoni, kabau, kailolo, pelau….??? Dan kenapa rohmoni dan pelau berada di ujung ( di batasi oleh air)…????, mungkin nanti kata katorang itu hanyalah kebetulan belaka.

    Hatuhaha itu berasal dari satu mani yang menetes, lalu dari mani siapakah itu…???. Kenapa kedatangan para wali ke nusa hatuhaha begitu banyak…????, ada yang datang dari tanah Turki, tanah Persia (parsi), tanah Arab dan para wali itu menjadikan nusa mahu (jawa, sumatra, sulawesi,dll) sebagai tempat transisi padahal penduduk hatuhaha jaman itu mungkin tidak begitu banyak sehingga tidak sinkron (dari sisi kuantitas) dengan kedatangan para wali ke nusa hatuhaha.

    Kalaw bg rasyid ingin tau “rahasia” sejerah secara objektif, coba baca buku2 yang mengupas tentang ajaran sufi / tasawuf, baca sejarah tentang maulana Jalaluddin Rummi mendapatkan mursyid, syekh Abdul Kadir Jailani, sejarah wali songo, para wali di samudra pase (pasai) karna semuanya berkaitan. Sehingga bisa mendapatkan gambaran yang utuh tentang Upu Mohdumu, ya paling tidak 20%.

    Maaf agak panjang komentarnya…. Salam!!!

    Besambung …

    • klo memang Abang jali su tau banya tentang sejarahnya,,,tolong luruskan atau lanjutkan apa yg suda abang Rad tuliskan ni,,,supaya katong ana cucu ni bisa tau sadiki

    • eeeeeeeeeeeeeeeee

    • Tambahan untuk sudara jali.

      Dalam sejarah Melayu dahulu, ada cendekiawan islam yang memakai gelar Makdum, yaitu gelar yang lazim dipakai di India.

      Kata atau gelar Makdum ini merupakan sinonim kata Maula atau Malauy, gelar kepada orang besar agama berasal dari kata Khodama Yakhdamu dan infinitifnya (masdarnya) khidmat. Maf’ulnya dikatakan makhdum artinya orang yang harus dikhidmati atau dihormati karena kedudukannya dalam agama atau pemerintahan Islam.

      Makhdum atau Mubaligh Islam yang berpangkat atau bergelar Makhdum itu datang ke Malaka dalam abad ke XV, ketika Malaka mencapai puncak kejayaannya.

      • salam kenal smua basudara hatuha, au ti malona HATURESSY
        bt mohon supaya sejarah yg ada di uli hatuhaha ini dituturkan dengan jelas dan penuhi kebenaran supaya generasi2 yg akan datng bisa belajar dari kebenaran sejarah tzbt. Trims.

    • Knapa smuax da d rohmoni…? Pertaxan aneh..jangan trlalu bangga ma sowa itu.
      Trus asalx dri mna..sowa trsebut…?

  4. pantas saja, selama ini beta cuma tau dari orang tatua bilang kalo katong (hulaliu) basudara deng pelauw, kailolo, rohomoni , kabauw.. ternyata sejarahnya seperti ini to.. maklum jarang pulang ke negeri jadi kurang tau.. tp sio kalo katong dolo pung kerajaan yang kuat kanapa katong masih saja diantara lima negeri tu sll ada yg bertikai.. mari pegang tangan rame2 jua.. bersekutu dan membangun HATUHAHA kembali..

  5. Sebenarnya semua itu harus dibicarakan secara brsama-sama dengan orang tua-tua yang ada di lima negeri,bukanya kita mengangkat keunggulan masing2 negeri,tetapi kita harus melakukan Musunipi tentang kebenaran sejarah tersebut,sehingga nantinya tidak ada pertikaian diantara kita wahai saudara sekalian
    Untuk Saudara jali itu pengetahuan sejarah menurut sudut pandang anda,tapi kalau dari sudut pandang saudara-saudara,orang tua-tua yang ada di Kailolo,Pelauw,Kabauw,Rohomoni,Hulaliu pasti juga akan berbeda dimana masing-masing individu atau kelompok ingin membenarkan sejarah yang ada di negerinya.
    Sehingga dengan adanya perbedaan tersebut kita sebagai anak cucu Hatuhaha harus bisa duduk bersama untuk menyusun semua sejarah awal tentang Hatuhaha ini,sehingga bisa dituangkan dalam satu buku yang nantinya bisa dijadikan pegangan hidup untuk diceritakan kepada anak cucu kita.
    (mohon maaf apabila ada kata-kata yang menyinggung)

  6. Wow… saya tidak mau bedah artikel secara ilmiah. Tapi saya kagum soal tulisan ini, bukan keakuratannya tapi lebih karena pesan nasionalismenya. Selama sejarah yang saya tahu soal Hatuhaha cuma pisahnya Haturesi dari Hatuhaha. Saya punya dua versi mengenai hal sejarah itu. yang pertama versi Hatuhaha dan versi Hulaliu. bisa lengkap dong kalo misalnya digabungkan dengan sejarah ini. Btw, saya orang Hulaliu.

  7. bt setuju dengan ikram,,,musti ada perwakilan dari lima negri,,untuk mengungkap sejarah yg ada di hatuhaha.

  8. Salam kenal for samua basusdara HATUHAHA AMARINA, sya hanya igin membrikan apresiaii yng setinggi-tingginya terhadap artikel ini, krna hri ini kita mau bicara tentang sejarah Hatuhah yang sudah hampir hilang….

    • sapa bilang sejarah blg sejarah hatuhaha itu smakin hilang

  9. kalian bilang tentang sejarah hatuhaha,
    apakah kalian menjalankan ajaran hatuhaha,
    & apa kalian pernah menjalankan batas-batasan ajaran hatuhaha..??

    ”apakah kalian pantas di sebut anak hatuhaha”..??

    • pantas aja abang karna meski kita tidak ikuti aturan hatuhaha…. namun itulah kehidupan abang… dan saya yakin meskipun kita tidak tauuu menjalankan aturan itu namun itu slalu tercermin dalam hati kita selaku anak hatuha

    • Salam kenal jgn ktg tax kata ktg ni iko ajaran hatuhaha dgn znx dl,tp ktg liat artikel ini sebagai alat untuk ktg smua saling kenal yg sebenarx n dari mana ktg muncul gt bung

  10. artikel ini cukup membantu dlm mengurai sejarah kerajaan hatuhaha, tp satu hal yg ingin saya sampaikan, panglima perang itu samasuru bukan sahapori. itu sj…trima kasih

  11. kadang – kadang sejarah islam hatuhaha tdk bisa diterima dengan akal pikiran manusia (logika kita), tetapi sy ingin katakan bahwa sejarah hatuhaha adalh sejarah titah jd tdk bisa ditelanjangi, tlg dipahami biarlah ditelan bumi

  12. Datuk Zainal Abidin.????? ajaran apa yang dibawah pada saat itu..?????
    apakah… syariat, tarekat, hakekat atau makrifat???

  13. Slam knal aj…………….
    Bt cuman mau bcra tntng yg bng munawir blng. Bng munwir blng katax panglima prang itu bkn di sahapory tpi samasuru, emngx bng munwir dngar drimna klo pnglima prng itu di smasuru, bkn di sahapory……..?????????

    Mngkli itu sja yng bisa bt tnyakan,

    skian dn trimah ksih…………!!?????

  14. Salam Knal par kk” dong jua…………..

    Bt cuma mau smpaikan sesuai dng her lc blng, klo memang bang jali sdah tau lbih lnjut tntng sejerah msukx agma islam di hatuhaha, knpa bkan bang jali yng tulis khas lngkap ajha, spya ktong anak dng cucu hatuhaha ini bisa lbih paham dng lbih mengetahui tntang ktong pung sejarah-sejarah yng ada di ktong pung negeri ini…………..!!!!!!!!!!!

    Mngkali cuma itu sja yng bisa bt blng

    trimah ksih

    salaaamm…………………………..

    dri ana cucu sahapory

  15. Klw katong lacak dari sumber2 dan tatacara / aturan yg ada di hatuhaha, bahwa hatuhaha itu bukan berbentuk sistem kerajaan, tapi sistem Imamiah dimana poros / kutub hatuhaha adalah Imam Hatuhaha (Amirul Mukminin) jadi poros dihatuhaha itu bukan di Raja ( klw berbentuk Kerajaan). Hal ini bisa kita buktikan dengan katong poso amal dan tatacara kehidupan sosial Islami di hatuhaha. pedoman itu diberi nama Titah Guru / Sou Guru. Titah guru / Sou Guru itu yang menjadi pijakan katong orang hatuhaha menjalankan syariat Islam dengan cara yg hampir berbeda dng tatacara syariat Islam di wilayah lain di zaman sekarang ini. Contoh: klw syariat maa kobahiyan : katong mandi suci – ambil air wudhu di air sungai setelah mandi – ambil air wudhu di rumah sebelum ke masjid, ke masjid tidak boleh berbicara, selalu diam serta tertib hingga depan masjid dan wudhu di depan masjid ( 3 x ) , ini merupakan proses penyucian dan pendisiplinan jasad krna kita akan munajat kepada Allah, inilah Aturan / Adab beribadah kobahiyan. Klw dalam aturan sehari2, katong jangan kencing atau beol berdiri, kencing dan beol tidak boleh berkata2 / berbicara apalagi makan dan minum sambil kencing dan beol, berdasarkan aturan Islam di hatuhaha itu haram!, dan masih banyak lagi aturan2 Islam di Hatuhaha.

    Imam Hatuhaha itu pelanjut “estafet” kepemimpinan Imam (Amirul Mukminin) Ali, Imam Hasan, Imam Husein, dan para Imam Suci lainnya. Setelah mereka di kejar oleh Muawiyah dan turunannya. Turunan Para Imam Suci menyebar ke Timur Jauh, makanya kalau katong lacak sejarah misalnya di sistem pemerintahan Islam di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Ternate, Tidore, Leihitu, Huamual, Iha, dll. Smua sistem pemerintahan Islam awal itu sistemnya hampir sama (dan hampir smuanya menggunakan sistem kesultanan, hanya di hatuhaha menggunakan Imam), contoh nyatanya adalah bentuk Masjid dan peribadatan, hanya saja klw kita lihat sekarng ini udh agak lain dengan masa2 awal, ajaran Rasulullah melalui Para Imam Suci masih terpelihara oleh beberapa “kalangan” saja di dunia sekarang ini dan itu hanya sebagian kecil. hal Ini yg termaktub dalam sabda Rasulullah : “Sesungguhnya Islam itu datang dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing seperti ketika datangnya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing.” Ada yang bertanya, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?”. Maka beliau menjawab, “Yaitu orang-orang yang tetap baik [agamanya] tatkala orang-orang lain menjadi rusak.”

    • Sabda Rasulullah : “Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali pula dalam keadaan asing, maka berbahagialah orang-orang dikatakan asing”

  16. salam knal par bsudara smua jua,

    bt cuman mau melanjuti yg abng rifal blng. Menurut ktong punk orang tua”. ajaran yg dibwa dtuk zainal abidin itu, smuax, !!!!

    I2 sja yg sya smpaikan. Skian dan trimah kasi.

  17. saya mengomentari sejarah hatuhaha yang ditulis diatas krna kurang pas dengan cerita yan sebenarnya
    dan perkataan yang ditulis bahwa sahapori ( kailolo ) adalah kapitan hatuhaha tidak benar dengan tahta orang hatuhaha dan tidak pas dengan sejarah
    krna kailolo adalah ahli perdagagan yaitu masalh ekonomi
    sedangkan samasuru ( kabauw ) itu adalah kapitan hatuhaha yaitu ( kapitan matakau ) bukan

  18. ass abang memeng betul sejarah itu ….. tapi saya kurang sepakat denggan peryataan kaka bahwa imam ali jainal datang ke uli hatuhaha mengislamkan hatuhaha 1385 miladiyah padahal datuk ali jainal abiin suda ada sejak jaman sebelum ismail akiapai itu berada,,,,, dikatakan tete datu ,berarti datu segala datu2 yang ada di hatuhaha

  19. Ass. . . . . B mau kmentar sdiki jua tntang mandalesi dng matasiri, mangapa dimandalesi dng matasiri z pernah b mau dngar suara tarhim didua kmpunk punk masjid. ?

    Apa smbahyang i2 dilarang di 2 kmpunk trsbt. ?

    Mangapa donk punk adat dng agama sng bjlang seimbang, tpi knpa malah donk punk adat lbih kuat dri pd agama. ?
    Pdahal kan musti dua pegangan ni akng sjalan dng seimbang, tpi koq mlah tdk, apakah agama yg dipegang ngga berguna bgi mereka tpi adat yg lbi dipergunakan. ?

    I2 sja yg saya smpaikan,
    trima kasih. . . . . . . . . .

  20. Sejarah hatuhaha mengakui untuk panglima perang hatuhaha keduduknya di samasuru kabauw yaitu kapitan rimbesi matakau…. bukan dari kailolo????

  21. Sejarah hatuhaha tdk semudah itu…… Hatuhaha mengakui kapitan rimbesi matakau beliua adalah seorang panglima perang pada zaman perang portugis di gunung alaka….

  22. Jangan asal cerita sejarah hatuhaha, krna sejarah hatuhaha tdk segampang itu…. Apa yg sudah ditetapkn dri dlu kita harus terima dn mengakui krna semuanya itu sudah keputusan dri awal… klo mau cerita sejarah hatuhaha jgn sesuka tambah & rekayasa sejarah…. & sy ingin mau jelaskn klo menyangkut panglima perang hatuhaha bukan kapitan paria akipai, itu tdk betul…Bedasarkn fakta sejarah hatuhaha ama rima lounusa, keputusan yg ditetepkn sebgai. upu latu nusa barakate ditujukan kepada pelauw (matasiri), imam makuku hatuhaha ditujukn kepada rohomoni (mandalise) keputusan di turunkan kepada hulaliu(haturesi rekanyawa), kapitang rimbesi waela matakau kabauw (samasuru) ditujukan sebgai pimpinan panglima perang hatuhaha, ekonomi ditetapkn & ditujukan kepada kailolo (sahapori)….& kedua kapitang yg terbesar di hatuhaha yaitu kapitang rimbesi waela matakau dri samasuru,bersama kapitang puri yasa paria akipai dri sahapori…. dri kedua kapitang inilah disebut sirerua isihiti halla wari waa, yaitu samasuru&sahapori… sedangkn mandalise&matasiri sebagai wari waa…. cuma ini sja yg sy ingin jelaskan…. Trima kasih..

  23. Sy setuju dengn ical yg berkata… Pauna hena lua nusa teuna sialana, isyayi alamai akipai he’esyi iya pahita eka risa… emang betul lani ini terkait peristiwa sejarah kapitang rimbesi waela mataku bersama raja wai…. kita harus fropesional dlam meriwayatkn sejarah, apa yg sudah ditetapkn dlam sejarah kita harus terima dn mengakui, krna bedasarkan keputusan dari awal memang sudah seperti begitu… klo mau cerita sejarah hatuhaha jgn sesuka di rekayasa& di tambahin, klo tdk tau sejarah jgn so tau krna sejarah hatuhaha bukan direkayasa….

  24. Tidak terdapatar di dlam artikel sejarah hatuhaha, bahwa panglima perang hatuhaha yaitu kapitang PARIA AkIPAI….. Itu sama sekali tdk betul & tdk benar krna tdk ada di dalam sejarah hatuhaha, klo sahapori sebagai panglima perang hatuhaha…. Pauna hena lua nusu teuna sialana, isyayi alamai akipai he’esyi isyayi alamai akipai he’esyi, iya pahita eka risa.. lani ini terkait dgn peristiwa kapitang rimbesi waela matakau dgn raja wai. Bedasarkn sejarah yg ada bhwa kapitang rimbesi waela matakau membunuh anak raja wai. dn pergi ke kapitang paria akipai meminta kesedianya untuk membantu nya terhadap kejadian tersebut. Maka dari situlah kapitang rimbesi waela matakau ditujukan sebagai panglima perang hatuhaha untuk melawan penjajahan portugis di gunung alaka…

    • salam doa..!!! semoga salam ini menjadi jembatan bagi mainstrem berfikinya sodara2……

      apa yang menjadi rujukan kawan kawan tentang sejaranya kapitan Akipai, itu hanya sebatas kontestual yang dilihat dari berbagai referensi,, harusnya dengan pendekatan terhadap tokoh tokoh budaya di negeri hatuhaha,jangan diperbiasakan pada pemikiran yang parsial, itu tidak profesonal.
      analoginya : kalau kita hendak mengetahui seseorang ,kita harusya datang ke rumahnya untuk dikenali, jangan hanya membaca dan mendengar . ibarat komentator bola.

    • Ass,,, salam kenal, par bsudara dong samua,, sy cma bilang buat abng alesandro , bhwa kedatangan tete datuk ke pulau haru pada saat it pulau haruku blm ada penghunix dan meninggalkan jejak telapak kaki hbis it belau pergi lgi ke pulau lain untk menyiarkan agama islam kemudian beliau dtng ke 2xnya dngan harapan bhwa di pulau it sudh ada penghunix , namun kedanganx ke 2xnya it brtemu dngan raja jin dan seorang kapitan yang sedang berdebat tentang siapa yg menempati pulau it duluan nama kapitan it adlh kapitan puriasa , dan kemudian tete datuk bilng sma mereka bhawa beliaulah yg pertama menyinjakx kaki di pulau itu dngan menunjukkan bukti jejak telapak kakix tpi raja jin dan kapitan puriasa tdak sepakat, kemudian mereka membuat kesepakatan untuk main enggo dan tete datuklah yg menang, kemudian tete datuk melanjtkan perjalannx lg krna di stu blm ada penghunix , tpi kedatangan tete datuk yg ke 3xnya beliau di sambut oleh kapitan ismail akipai dan kapitan ismail akipai yg menjdi pengawal setia tete datuk,
      yg saya ingn tanya di sni apakah salah kalu tete datu menunjuk kapitan ismail akipai untuk jdi kapitan di kerajaan uli hatuhaha? Trus kapitan ismail akipai it keturunanx skrng ada di kabau atau di kailolo,,,? It sja trima kasih

  25. Tidak terdapatar di dlam artikel sejarah hatuhaha, bahwa panglima perang hatuhaha yaitu kapitang PARIA AkIPAI….. Itu sama sekali tdk betul & tdk benar krna tdk ada di dalam sejarah hatuhaha, klo sahapori sebagai panglima perang hatuhaha…. Pauna hena lua nusu teuna sialana, isyayi alamai akipai he’esyi isyayi alamai akipai he’esyi, iya pahita eka risa.. lani ini terkait dgn peristiwa kapitang rimbesi waela matakau dgn raja wai. Bedasarkn sejarah yg ada bhwa kapitang rimbesi waela matakau membunuh anak raja wai. dn pergi ke kapitang paria akipai meminta kesedianya untuk membantu nya terhadap kejadian tersebut. Maka dari situlah kapitang rimbesi waela matakau ditujukan sebagai panglima perang hatuhaha untuk melawan penjajahan portugis di gunung alaka….Itu sumber dari sejarah hatuhaha yg sebetulnya, samasuru sebagai panglima perang hatuhaha yaitu kapitang RIMBESI WAELA MATA KAU..

  26. Klo mau blang sejarah harus fropesional, justru terbalik klo samasuru kabauw sebagai panglima perang hatuhaha…. sedangkn raja sahapori kailolo sebagai Ahli perdagangan, koordinator di bidang ekonomi….

  27. Salam hangat for katong samua.!!! Hidup HATUHAHA AMA RIMA LOUNUSA..
    Yang pertama bt sangat apresiasi terhadap artikel sejarah Hatuhah yang di muat Rad Marssy,, artinya bt tidak melihat benar tau tidaknya yang disampaikan, tapi bt melihatnya dari sisi keberanian sebagai generasi muda yang ingin berkarya dalam menelusurui Tita Gurua Hatuhahai sebagai acuan informasi.., yang kemudian dikomentari oleh basudara samua dengan kritikan yang harusnya membangun, malah sungguh betapa NAIPNYA ketika MENAPIKAN manusia-manusia SUCI sambil mengkleim sekaligus menjustifikasi… Nauzubillahi minjaliik..
    Beta hanya ingin bilang bahwa sejarah Hatuhaha (Tita Gurua) adalah Ajimat far katong anak cucu karena hakikat ceritanya begitu TERSIRAT dan itulah KEBENARAN yang masih terselubung. Dan barangkali yang katong perdebatkan itulah yang TERSURAT itupun bagaikan benang kusut. Dua demensi ini kalau bt bawa dalam satu permainan anak-anak cucu Hatuhaha yaitu main enggo sambunyi dengan bentuk filosopi “HUNIA MOKIA”. Itulah dinamika dalam skenario peletak negeri ini.
    Satu logika perumpamaan bahwa setiap anak pasti punya orang tua yang kasih skolah. Setiap pesilat pasti ada punya Guru Silat.. faktanya bahwa yang sering kasih tunju gigi bukan Orang Tua setelah anaknya mendapatkan jabatan, dan bukan Guru Silat setelah setiap anak muridnya sudah pandai olah ilmu kanuragang. Sehingga dalam ironis secara silsilah/ jurit bahwa: TURUNAN-TURUNAN SAJA. Hari ini siapapun boleh mengkleim, tapi KEBENARAN tidak pernah mati meskipun terkubur. Kalau BUMI yang di nyatakan toh masih ada LANGIT yang tinggi. Kalau ada DARATAN yang dijejaki toh masih ada LAUTAN yang dalam. Kalau JASAD manusia yang terlihat nyata maka masih ada RUH (SIR ALLAH) yang menghidupkan JASAD.
    Terkait sejarah HATUHAHA pun seperti itu yang mengalami proses yang begitu panjang. Dan itulah skenario KUASA ILAHI atas sebuah kepentingan NEGERI HATUHAHA ke depan dalam konteks diteksi awal peradaban Bumi dan Manusia. Sehingga bt sarankan janganlah terlampau jauh membaca reverensi Sejarah Hatuhaha kalau hanya dijadikan sebagai prodak pemikiran untuk saling MENAPIKAN dengan dalih informasi yang menyesatkan, itu sama menciptakan terali. Olehnya bt ajak telusuri substansinya yang hakiki dalam mencari Jati Diri HATUHAHA dari setiap bukti aerkologi CULTUR AMA RIMA HATUHAHA yang hingga kini katong lakoni dengan melakukan 4 (empat) aspek penedekatan a.l : 1). Aspek filosofi 2). Aspek fsikologi 3). Aspek sosial masyarakat dan 4). Aspek ilmu pengetahuan.
    • Pertama Bukti Aerkolog KARAMAH dalam jabatan KEWALIAN (WALI-WALIi ALLAH) sebagai pemilik Ahli Waris, yang meskipun dengan zaman modernisasi ketika manusia terkontaminasi dengan arus zaman global, tapi di antara mereka masih diangkat derajatnya oleh Allah swt atas KARAMAH karena KEMULIAAN Mereka, padahal ferformen mereka sungguh sederahana. Dan mereka tidak pernah bertepuk dada, herannya..??? ketika sekolompok manusia yg ambisius karena keserakahan dunia, mereka itu didekati untuk memeohon berkat,.. meskipun mereka kembali diingkari..!!!,
    • Kedua harus pandai meriset setiap kegiatan Agama dan Cultur yang aktif di Negeri Ama Rima, bahwa apaalah maksud dari semau itu (itupun kalau tdak ada unsur rekayasa). Secara historis terbentuknya Ama Rima (5 Negeri) Islam,,, setelah itu kanapa Hulaiu harus terlepas yang dianugrahkan kepada mereka agama Kristen..???.. sampai akhirnya terjadi 4 (empat) mejadi satu Bingkai Islam. Tetapi yang 1 (satu) hendak mau ditaruh dimana. Untuk itu belajarlah usul diri.. Kalau KULIT pelindung terhadap DAGING, DARAH dan TULANG, maka SYAREAT itulah pondasi TARAEKAT, HAKEKAT dan MA’RIFAT. Kongkritnya 1 (satu) tubuh manusia terproses oleh 4 (empat) ANASAR (Air, Api, Angin dan Tanah).

    Yang terpenting sakarang adalah bagimana anak cucu sekarang membangun perilaku seperti mereka yang SUCI, yang dengan segala segenap jiwa raga dan ilmunya hingga membentuk negeri HATUTHAHA .. bukan untuk saling mencemoh dan bertepuk dada dengan sesuatu yang tidak pasti kebenarannya.. Hampa namanya.. Ingat..!!! Apabila benarnya itu datangnya dari KAILOLO maka itu parkatong samua, atau kalau benarnya itu datangnya dari HULAILU, PELAUW, ROHOMONI dan KABAUW itupun juga par katong samua. Dalam konteks ISLAM ada yang namanya Hadist Kudsi dan Hadist terjemahan bahkan ada yang palsu, dan konteks ini ketika bt bawa dalam konteks cerita HATUHAHA itu pada LANIA dan KUTUMELE ada yang kudsi, dan ada yang sudah diterjemahkan jadinya Palsu. Amin dan Salam Kompak Selalu,.!!. terutama Rad Marssy,, teruslah berkarya..

  28. Salam HATUHAHA..!

    Penuh rasa terimah kasih dengan konspirasi pemikiran sudara JALI S, yang memberikan gambaran singkat tentang sejarah Hatuhaha..!!
    Sebenarnya banyak terjadi kakeliruan informasi dalam menterjemahkan sejarah Hatuhaha, apalagi ketika mengkleim dalam mejustifikas kebenaran terhadap satu bentuk sejarah yang diadopsi merujuk pada sifat radikalisme kedaerahan..! Sejarah Hatuhaha yang sudara paparkan sebagai bahan telaan mengomentari sejarah Hatuhaha yang di reverensikan sdr Red Marssy, menurut hemat saya juga sudara sangat keliru karena ingin menjustifikasi pada satu fihak/sumber yang bukan berasaskan semua sumber yang ada di Nusa Hatuhaha, ini namanya faham solipisme. Hal seperti ini juga beta dapati dari basudara di masing-masing negeri di Hatuhaha yang ketika memenulis, itupun arahnya pada radikalisme asal negerinya/ desanya (masing2 desa bertahan dengan kebenarannya). Pertanyaannya adalah Konsep Sejarah Siapakah yang benar dan siapakah yang Salah, padahal katong dalam satu koridor. inilah satu bentuk sifat arogansi yang kemudian tampa katong sadari telah melahirkan suasana disintegritas, disharmonisasi yang imbasnya hanyalah perpecahan. akhirnya konsep pilosofi “LAMURI SALAH ISAI LAHAHA SALAH ISAI” beralih fungsi sekedar hiasan.
    Katong harus ingat bahwa secara keselurahan generasi darah Hatuahah harusnya terpanggil secara moral untuk mengkondisikan sesuatu pada faktanya dalam mengungkapkan kebenaran infrasstruktur sejarah Hatuhaha… Berbicara tentang perajalanan sejarah tentunya ada GARIS BENANG MERAH. ini PR menuju kebenaran hakiki,, yang Insya Allah dengan setiap kejujuran kita meletakan yang benar kita dapat terlepas dari berbagai ancaman dunia menuju keabadian.

    Sebagai Bahan rujukan maka bt kutip 2 (dua) KAPATA HATUHAHA sbb :
    1. HATUHAHAITI TAHA LOOLE TIIYEYAA,,
    HATUHAHAITII OWOLE KAKURA NIYAII
    YALE SALE RIE KUPURE,, KOKU HAHITIRE LE RIELEE..!!!

    2. HATUHAHAITI E HALA AMAN RIMA,,
    HALAIN MANISAELE.. HATUHAHAITII NALAELE
    NUSA KURA,, E HUSA SAIN SAHAMAATEE..

    • Sudara Ophan, komentarnya hrsnya berimbang. Sudara mengkritik jali ats komentarnya, di lain sisi memuji tulisan sudara rad marsy, bt kira sudara ini bijak (klw dlihat dr tulisan2 sdra diats), pdhal di tulisan rad marsy bnyak yg hrs dkrtisi+dilengkapi,, liht sj komentar2 diats, bnyk kritikn trhdap tulisn sdra rad marsy. Klw katong baca komentar sudara jali dng teliti, ktong akan menmukan justru tdk ada monopoli penafsiran pribadi atw apapun namax, misalnya dng memberikan beberpa pertanyaan yg tujan memberikan ruang bg pembca untuk mencari sendiri sejarh secra objektif dr refernsi internal hthha atw di luar hthha… Salam

      • Salam Gangat for Saudara Beta..!! sebelumnya bt mohon maaf kl komentarnya begitu mengganggu karena mersasa ada unsur ketidak seimbangan. Bt sanang kalau ketika katong saling kritik sepanjang itu untuk membangun. Semoga katong punya para leluhur negeri Anta Baranta ini selalu melindungi setiap labuang napas kita. Komentar kali ini bt hanya ingin mengetuk hati insan anak negeri Hatuhaha bahwa siapapun orangnya di negeri mulia itu tidak bewenang menyuarakan kalam-kalam kebenaran dalam persfektif sejarah peradaban ataupun dalam persfektif kebenaran agama. Dan hanyalah bagi mereka yang punya talenta Hidayah Ilahi Rabbi. Sosok manusia yang akan hadir meletakan fakta-fakta kebenaran dari berbagai dimensi Pengetahuan yang mendapatkan posisi sebagai manusia Insanul Kamil. Tolong teliti setiap komentar saya, saya tdak berfihak kepada sdr Red.M. tapi itu bagian dari rasa apresiasai karena dia melahirkan satu kontruksi pemikiran sejarah, sementara yang lain menyikapinya dengan menapikan sambil berdalih dalam reverensi yang tidak sehat dari sudut pandang bahasa yang harusnya penuh etika dan santun, dan itu bt z lia dari beberapa komentator terhadap sdr Red.M. Kita harusnya dewasa dalam pemikiran. Artinya siapakah yang salah di natara kita..! terus menurut bahasa kebenaran siapah yang harus dibenarkan dan siapa yang harus disalahakan kaitannya dengan sejarah Hatuhaha. Rasanya begitu naip ketika kita saling melempar dalil dengan selalu merujuk pada sikap radikalisme serta egoistitas masing-masing anak negeri. olehnya bt mengajak janganlah terjebak dengan sejarah, itu sama halnya merangkai terali kebinasaan bagi diri sendiri tapi bagaiman kita mencari asal diri dalam naungan kerangka payung Hatuhah Ama Rima Lou Nusa menuju citus jati diri yang sebenarnya. Sejarah hanyalah jalan mencari menuju alam kebenaran asal usul diri. Tapi ingat..! ketika anda salah menempatkan alur sejarah yang sebenarnya, maka janganlah bermimpi, karena itu sama halnya hidup di alam kosong yang tidak bernilai. Dan nilainya barangkali hanyalah kemegahan dunia, Seperti dalam Lania HATUHAHAI TII TAHA LO OLE TII YEEYAA… dstr…Salam Kompak Selalu..!

  29. Salam teruntuk Alesandro Asapary..!!!

    Beta hanya mau sampaikan bahwa,, kalau ingin mencari derajat dengan pendekatan cultur sejarah untuk menapikan Sosok manusia2 SUCI yang telah merintis Negeri HATUHAH, maka bt ibaratkan sudara dalam satu bahasa Filosofi : ” ITIK BERENANG-RENAG DI ATAS AIR, TAPI MATI KEHAUSAN

    Menurut bt siapaun dia anak Hatuhaha yang menulis tentang sejarah HATUHAHA tidak ada unsur rekayasa,, sebenarnya ada kesalahan informasi for katong generasi sakarang. Buktinya ada perbedaan perbedaan pemikiran mengungkapkan konteks sejarah yang merujuk ke sikap radikalisme Kedaerahan. ini bisa saja karena sikap tertutupnya para petuah di Negeri Hatuhaha, Kalau bt analisa bahwa kondis ini terjadi karena menjaga faktor gensi ataukah ada maksud lain. Wallahu a’lam bissawaf.
    yang terpenting sekarang bagaiman katong membangun kebersamaan bergandeng tangan menelusuri yang benar tanpa dikotomi. KARENA HATUHAHAITII TAHA ETIYEEYE..

  30. ktg sbg anak cucu mesti bangga karena ktg pux kerajaan, ini hal yg sulit untuk membangun sebuah kerajaan,n 5 negeri ini bisa lakukan itu,thax par ktg pux tete-tete dolo-dolo

    • sebuah langkah perubahan tampa adanya menapikan sebagian kampung… marilah bergabung dengan Forum kajian mahasiswa maningkamu (FKMM)

  31. sejarah jangan di putar putar

  32. akibt dari pengkajian sejarah dri satu segi daerah/negeri Shingga pengkajian sejarahnya belum tepat, masih banyak yg hruz d ralat. . . ,!

    Oleh della karepesina

  33. assalamualaikum wr wb,,, ada yang tau siapa orang pertama yang ada di hatuhaha,, dan berasal dari mana??
    ajaran apa dan siapa penghuni pulau haruku pertama,, beta penasaran mw tau itu,, maaf klu ad kata2 yang menyinggung…

    • Salam buat Adel Latuconsina..!

      Menyikapi beberapa pertanyaan yang ade suguhkan kelihatannya begitu semangat. Dan kalupun bt analisa ade juga pasti punya cerita, tentunya bt bangga. Tapi katong harus sama-sama ingat, bahwa negeri Hatuhaha itu punya carita yang sangat unik dan menarik, makanya katong samua fihak dari anawaria terutama para pecinta sejarah Hatuhah telah terjebak secara konseptual, bt mohon maaf kalau bt terlihat menggurui. Terkait pertanyannya, bahwa siapapun yang menjawab otomatis ada komentar balik yang tidak sedap, karena pada akhirnya yang akan berlaku adalah hukum kleim mengkelim.
      Bt hanya membuka jalan pemahaman bahwa sebelum terbentuk Ama Laina awalnya telah terbentuk Ama Hatua yang dalam bahasa Trend Hatuahah adalah Alaqah yang merupakan tempat proses kehidupan masa awal peradaban. Maka bt harapkan belajarlah dari konsep Alaqah dari berbagai sudut pandang mulai dari Artikulasi Filosofi, Metodologi, Antrofologi, Aksiologi dengan bukti Aerkologi 3 Unsur Kemuliaan yang ada di Matasiri tanpa melihat presfektif subjektifitas negeri dan marga yang ada di Hatuhahah Ama Rima lou Nusa dengan tidak mengabaikan nilai objektifitasnya dari sudut pandang agama dan budaya tanpa mengandung unsur rekayasa. Insya Allah ada jalan menuju segala tujuan demi membangun nilai moral sebagai anak Negeri Hatuhahah Ama Rima lou Nusa. A
      da satu bahasa dalam kitab Bainaul Makrifat yang berbunyi; MAN JADDDA WAJADA yang artinya Siapa Cari Dia Dapat, Itulah acuan rekontruksi pemikiran dalam mencari sesuatu yang hilang bagai di telang bumu Allah Ta’ala.
      Salamku…!!!

      • numpang sdikit,,,

        amahatuhaha alaka bru ama laina

  34. samua orang sibuk dalam meceritakan sejara ,,, fakta sekarang adalah sejara itu menjadi pisau pedati bagi siapa saja yang membacanya ,,
    sesuai atau tidak dengan hati danperasaan si pembaca atau pembaca juga ikut iktan memberikan komentar sebagai , ajang adu mulut.
    sejarah tak satupun di percaya meskipun rujukan dari fakta empirikal maupun rasonal, itu hanya polarisasi aja agar orang merasa senang bagi pembaca yang yang terikat degan sejara itu namun menjadi jurang bagi mereka yang tersingkirkan atas sjarah.

  35. CoMment Dikit jWa kk..

    SoaL pelaKsana roDa admiStRasi seharusX raJa saHapoRy dng raJa saMasuRu berTukaR peran..
    Di mna raja saHapory ithu seBagai ahLi perdagangn atw ko’ordinatOr di bidang EkoNomic..
    Sdangkn raja Samasuru Berperan sebagai pangLima perang di kerajaan haTuhaha..

    Saran sdikit,,>>>
    kLo kk mw kin arTikeL dLm bNtuk bLog,, thu Harus mNguasai apha yg mNjadi topik,.
    Supaya jg adha yg keLiru kya yg di atas..
    Mkasih.

  36. Beta mau menambahkan. Sejarah memang tidak akan mungkin hanya satu versi. Jangankan sejarah yang sudah berlalu ratusan tahun, kejadian yang baru terjadi beberapa menit lalupun akan berbeda jika diceritakan oleh beberapa orang. Itu bisa dibuktikan, misalnya dengan menanyai orang-orang yang ada di sekitar suatu peristiwa, 10 orang yg ditanya, ada 10 versi cerita.

    Kita memang perlu berupaya meluruskan apa yang terbukti harus diluruskan. Tapi jika sdh diupayakan dan sejumlah versi sama kuat acuannya, misalnya sama2 bersumber dari kisah lisan. Maka mau tidak mau semua versi harus dipelihara. Spt kisah sejarah nenek moyang bangsa Romawi (Italia), ada yg bilang mereka adalah keturunan pangeran Troya (yg melarikan diri setelah Troya dihancurkan Yunani) yang dipelihara serigala krn orangtua mereka dan seluruh rakyat Troya yg lari bersama mrk tewas dlm pelarian, yg satu bilang mrk memang anak pangeran Troya yang melarikan bersama sejumlah rakyat Troya, tapi mrk hidup normal hanya saja hrs hidup dalam pertempuran terus menerus krn pendatang baru ini dimusuhi suku-suku yang terlebih dahulu tinggal. Kedua kisah ini tetap dicatat dlm sejarah Italia, krn keduanya sama kuat, sama2 kisah lisan.

    Atau spt kisah perang Bubat, apakah itu terjadi seperti umumnya peperangan antar dua kerajaan yg saling berusaha menguasai, atau salah satu berusaha menguasai dan yg satu berusaha bertahan? Atau begitu mengerikan bahwa Putri Pajajaran datang sebagai pengantin utk Raja Majapahit tapi rombongan pengantin ini justru disambut pasukan perang yang menghabisi seluruh rombongan termasuk sejumlah bangsawan Pajajaran bahkan sang putri dan Raja Pajajaran sendiri? Ini bisa diperdebatkan sampai kiamat krn banyak sumber-sumber yg susah diputuskan mana yg lebih kuat.

    Tidak usah merasa bersalah, karena itu manusiawi, dan kalau coba kita telusuri buku2 sejarah yang ada, semakin besar perpustakaan tempat kita menggalinya justru semakin banyak variasi sejarah yang akan kita temukan. Tapi itulah indahnya, apalagi sejarah bukanlah agama sehingga kita bisa bersikap utk menikmati saja variasi itu.

  37. artikelnya di kroscek ulang, kayaknya terbalik

  38. assalamu’alaikum wr wb,,,,,,,salam kenal dan salam hangat,,,, kluarga besar Hatu Haha Ama Rima Lou Nusa,,,,,Admin yg terhormat, mohon penjelsan,,,,negeri Hatu Haha yang sebenarnya,,,,,( Asal Muasalnya ) maav klo saya lancang,trima kasih Wsslm

  39. assalamu’alaikum wr wb,,,,, pada kemana semua ini,,, knp sepi sekali,

  40. Kalw berbicra tentang hatuhaha, harus secra detail & terperinci donk. Biar kita generasi skrang dan selanjutx bisa mengetahui seluk beluk negri hatuhaha

  41. le’a humualo….kala uruparu
    taha kala ume nusa Hatuhaha’i……

  42. namax hatuhaha TUHI’ELE MOKI MOKI …

  43. saLam Hangat for katong samua.!!!
    ß sangat apresiasi dengan penulisan sejarah Hatuhaha olh Rad Marsy n komentar2 dari basudara yg lain…, satu yg ß mau bilang jang katong saling kleim mengkleim dan pasang dada terhadap apa yg sudah diketahui. Jangan jadikan sejarah sebagai tembok atau jurang yg memisahkan. Kalo saudaraku dari samasuru dan sahapori saling mengklain tentang panglima perang HatuHaha lalu katong dari HatuRessy pung tampa dimana…??? Terima Kasih..:)

  44. Kalau zn salah dolo blong ada nama Alaka, Pelau, Ruhmoni, Kailolo, dan Kabau yang ada cm HURARIU.
    Ada dari basudara yang tau KATANYA 5 NEGERI NI DAR 1 MANI, pertanyaannya dong Bapa dg Mama nama SAPA?

    • Basudara samua, stop deng perdebatan, sejarah kerajaan Alaka secara umum itu katorang samua tauh dan dengar hanya secara lisan, dari katorang px orang tua, mengenai siapa,,, raja , siapa senopati, siapa panglima prang, dan siapa pendiri kerajaan alaka itu sendiri tidak pernah dicatatat dalam sebuah kitab atau ditulis dalam sebuah prasasti, katorang smua basudara aman Hatuhaha ama Rima harus bersatu , saling menghargai dalam menyapaikan cerita sejarah aman hatuhaha karena cerita sejarah yg turun dari alaka ini di ceritakan oleh beberapa orang yg pd saat itu pernah mendiami alaka dengan latar dan cerita yg berbeda. Ok

    • raja alaka ale repati ale kewa e ???, ale repa nalai eke amai kura inai aman rima ti e al kewa eeee ???, al to sea ??? al malona eke aman salao ?? Nalai amai kura inyai aman rima tie, laikara kura walalaluhun, hena masa ite eke manusa, ite kuru eke siriawang and going to island haruku and nusu eke alaka,e toh ke taha.
      Hahahahhahahaah.

  45. saudara samua, sejarah yg dituturkan di atas Beta pikir itu mungkin sudara dorang Tauh atau dapat carita ini dari sebelah pihak saja kapa !!!!!!!!!!!!!!! , kalau cerita sejarah amanhatuhaha saat di alaka itu alngkah baiknya kaluw,di, konfirmasi duluan dengan 5 komponen kelompok yg pernah hidup di ALAKA, jangan cuma tauh carita sepihak, caritau dari pihak lain lgi kh ?? supaya dapat di ketahui dengan jelas dan akurat serta dapt menjadi sumber sejarah yg Jelas, apalagi sejarah katong px leluhur di bukit alaka ini hanya sejarah Lisan sejarah yg ditutur regenerasi, jadi beta harap klw mauh ekspos sejarah di media web atau internet menyangkut sejarah patrima itu ekspos sejarah yg telah lulus sensor sehingga tidak menjdi bahan sejarah yg harus diperdebat . kalau mau galih dan tutur sejarah mengenai kerajaan amanhatuhaha itu tutur yg benar dan lurus,,

    ini suatu contoh yg beta tauh.
    Yaitu sejarah menurut versi yg beta dapat dan dengar dari tua adat yg pernah ritual dan tapal brata di bukit terang Alam .Terserah mauh di debat kebenaranya terserah.
    kerajaan Hatuhaha atau kerajaan ALAkA sebelum Runtuh dan menjadi kerajaan islam HATUHAHA, kerajaan ini dipimpin oleh seorang kapitan berketurunanan darah pemerintahan yaitu Kapitan UPU NOHI YIRAI ( ada nama Besarnya yg Beta zeng sanggup sebutkan karena sakral) . kapitan UPU NOHI ini adalah putra mahkota dari bangsawan kerajaan Nunusaku yg kemudian berpindah ke pulau haruku bersama bangsawan SIRIMALAKA (bangsawan yg pernah ada kerajaan nunusaku) yg adalah 5 rombongan atau kelompok pata rima,
    ( HULALIU, PELALU, KAILOLO, ROHOMONI, KABAU ), yg kemudian menetap di atas batu atau bukit alaka Sekarang,
    perpindahan bangsa sirimalaka (yg dikenal dengan sebutan patarima sekarang ) ke P. Haruku, itu terjadi akibat pemberontakan di pusat kerajaan nunusaku antara Suku Alune dan Suku Wemale yg mengakibatkan terbunuhnya putri Raja Nunusaku,PUTRI RAPIE HAENUELE .

    Setelah leluhur AMANHatuhaha menetap di dibukit alaka mereka musyawara untuk membenbentuk suatu pemerintahan, dan menetapakan UPU NUHI sebagai pemimpin dikerajaan Alaka, mengingat UPU NUHI adalah darah keturunan bangsawan pemerintahan Nunusaku,
    Catatan;
    lambang kerajaan Alaka atau kerajaan HATUHAHA adalah beringin atau nunu (nunu laumalaka), lambamg yg sama dengan nunusaku, cuman perbedaannya pada cabang beringin.

    BASUDARA SAMUA KATONG SAMUA PX LELUHUR SAKTI MANTARA GUNA,, SAMAA SAMA PERNAH HIDUP DI ALAKA, ZENG ADA PERBEDAAN, STOP DENG TOPU DADA, ,hahahahahahaahala

  46. komentar


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Ini Beta

    Y!M status:
    WARNET PONDOK.NET
    Jl. Raya Tulehu, No. 26
    Dsn Pohon Mangga, Tulehu
    A m b o n

    eFeS : Rad Marssy
    eFBi : Rad Marssy
    CopyLeft Notice:
    Barangsiapa dengan sengaja mengutip, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, meng-copy paste kepada umum suatu bagian dari blog ini diwajibkan kepadanya untuk menyertakan sumber asli bagian yang dimaksud. Dilarang membawa kamera, handycam, tape recorder, atau alat perekam lainnya.
    (hehe5x... srius amat bacanya).

    NO SMOKING BLOG...!!!

    STORY OF EARTH...???
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.